Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tierney Dipastikan Absen Hingga Akhir Musim

Senin 12 Apr 2021 18:53 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Kieran Tierney dari Arsenal

Kieran Tierney dari Arsenal

Foto: EPA-EFE/Rui Vieira
Kieran Tierney cedera saat Arsenal dibekap Liverpool 0-3 pada lanjutan Liga Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal Mikel Arteta mengungkapkan, Kieran Tierney kemungkinan besar bakal absen dari skuad the Gunners hingga akhir musim nanti. Bek kiri asal Skotlandia itu tengah kala The Gunners dibekap Liverpool 0-3 pada lanjutan Liga Primer Inggris, dua pekan lalu. 

Sebelumnya, Tierney diprediksi bakal absen dari skuad the Gunners selama enam pekan akibat cedera tersebut. Bek kiri berusia 23 tahun itu sempat diperkirakan sudah bisa kembali mermput pada pertengahan Mei mendatang. 

Namun, Arteta mengakui, perkiraan itu ternyata meleset. Eks bek kiri Glasgow Celtic itu bahkan disebut-sebut tidak akan lagi merumput pada sisa musim ini. "Kieran terpaksa tidak disertakan dalam skuat ini, kemungkinan besar hingga musim ini berakhir. Artinya, kami memerlukan opsi pemain yang berbeda di posisi tersebut. Granit Xhaka terbukti bisa menjadi salah satu opsi tersebut," tutur Arteta seperti dilansir Metro, Senin (12/4). 

Baca Juga

Dalam skuad Arsenal musim ini, Arteta tidak memiliki banyak opsi di sektor bek kiri. Selain Tierney, tidak ada satu pun pemain di skuat The Gunners yang berposisi asli sebagai bek kiri. 

Cedric Soares bisa dipercaya menempati bek kiri. Namun, bek sayap asal Portugal itu berposisi asli sebagai bek kanan. Arteta pun mengambil keputusan berani saat menempatkan Granit Xhaka di posisi bek kiri, kala Arsenal membungkam Sheffield United, akhir pekan lalu.

Xhaka merupakan gelandang tengah dan nyaris tidak pernah diturunkan sebagai bek sayap sepanjang kiprahnya bersama Arsenal. Kendati begitu, pelatih asal Spanyol itu justru terkesan dengan performa Xhaka di posisi bek kiri. 

"Dia melakoni peran spesial pada laga itu, karena kami ingin mencoba hal baru. Dia memiliki kualitas untuk bisa berkembang di posisi tersebut. Dia tampil begitu apik di laga itu, dan hal tersebut memberikan kami opsi yang lebih banyak." kata mantan asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City tersebut. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA