Pemkab Buol Atur Pelaksanaan Ibadah Ramadhan Cegah Covid-19

Red: Ani Nursalikah

 Rabu 07 Apr 2021 18:54 WIB

Pemkab Buol Atur Pelaksanaan Ibadah Ramadhan Cegah Covid-19. Foto: EPA-EFE / FAZRY ISMAIL Pemkab Buol Atur Pelaksanaan Ibadah Ramadhan Cegah Covid-19.

Sholat tarawih bisa dilaksanakan di masjid dengan menerapkan protokol.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengeluarkan sejumlah ketentuan yang mengatur pelaksanaan ibadah selama bulan suci Ramadhan 2021 untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.

"Pertama, sholat tarawih selama Ramadhan dapat dilaksanakan di masjid dan mushala dengan ketentuan baik pengelola rumah ibadah dan jamaah wajib mematuhi protokol kesehatan," kata Bupati Buol Amirudin Rauf sebagaimana yang tertuang dalam Surat Edaran Bupati Buol Nomor: 451.13/19.79/Bag.Kesra Tentang Pelaksanaan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriyah Tahun 2021 yang diterima Antara di Palu, Rabu (7/4).

Kedua, selama Ramadhan, Pemkab Buol tidak akan melaksanakan Safari Ramadhan guna mencegah penyebaran virus. Ketiga, para ustadz dan ulama yang ingin berdakwah atau ceramah diharapkan tidak terlalu lama waktunya maksimal 15 menit serta diharapkan materi dakwah selain menyangkut peningkatan iman dan takwa juga mendukung pemerintah dalam melakukan pencegahan Covid-19.

Baca Juga

"Keempat, pemerintah desa berkewajiban menegur atau menghentikan ceramah yang berisi provokasi terkait penolakan terhadap penerapan protokol kesehatan dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19," ujarnya.

Kelima, sholat Idul Fitri dapat dilaksanakan dengan ketentuan harus mengikuti protokol kesehatan dan harus di tempat yang luas atau lapangan. "Keenam, untuk menghindari kerumunan dalam waktu yang lama, maka kepada jamaah masjid setelah sholat berjamaah di masjid segera kembali ke rumah masing-masing," katanya.

Ia berharap, ketentuan tersebut dipatuhi dan dilaksanakan oleh seluruh pihak sehingga ibadah Ramadhan di Buol berjalan aman, nyaman, dan tidak menjadi klaster baru penularan dan penyebaran Covid-19.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X