Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Iran Terima 250 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Asal Cina

Ahad 28 Feb 2021 13:15 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nora Azizah

Iran dilaporkan baru saja menerima vaksin Covid-19 Sinopharm (Foto: ilustrasi)

Iran dilaporkan baru saja menerima vaksin Covid-19 Sinopharm (Foto: ilustrasi)

Foto: AP / Fareed Khan
Iran dilaporkan baru saja menerima vaksin Covid-19 Sinopharm.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Iran dilaporkan baru saja menerima vaksin Covid-19 dari China. Kargo yang tiba Ahad (28/2) dini hari di Bandara Internasional Imam Khomeini Teheran itu, memasok sekitar 250 ribu vaksin Sinopharm. 

Rencananya, vaksin tersebut akan langsung diserahkan ke Kementerian Kesehatan Iran. Menurut Alireza Raisi, wakil menteri kesehatan, negara itu akan menerima dosis vaksin lain, termasuk dari India, dalam waktu dekat. 

Mengutip Mehrnews Ahad, sejauh ini, vaksin buatan China memang tidak menjadi yang pertama di Iran. Sebelumnya, masih di bulan ini, Iran juga telah mengimpor vaksin Sputnik-V dari Rusia sebanyak 120 ribu dosis. 

Baca Juga

Meski demikian, berdasarkan laporan, Iran telah membeli sekitar 2 juta dosis vaksin asal negeri beruang putih itu. Iran pada Desember lalu juga telah memulai uji coba pada manusia dari vaksin itu. Pemerintah setempat berharap, vaksin bisa mulai didistribusikan pada musim semi.  

Sejauh ini, negara itu juga sedang mengerjakan vaksin bersama dengan Kuba. Selain itu, Iran juga berencana mengimpor 17 juta dosis vaksin dari program Covax internasional, inisiatif PBB. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA