Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Lansia di Bandung akan Divaksinasi Covid-19 Mulai Besok

Kamis 25 Feb 2021 11:34 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah

Kalangan lanjut usia bersiap untuk divaksinasi Covid-19

Kalangan lanjut usia bersiap untuk divaksinasi Covid-19

Foto: Republika
Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan di sejumlah rumah sakit dan puskesmas.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Para lansia di Kota Bandung mulai akan divaksinasi tahap dua vaksin Covid-19 Sinovac pada Jumat (26/2) besok. Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan di sejumlah rumah sakit dan puskesmas. 

Pelayan publik seperti aparatur sipil negara (ASN), pedagang, anggota TNI dan Polri serta guru turut akan divaksinasi bersama para lansia pada pekan kedua Maret hingga Juni mendatang. "Kurang lebih dari kementerian yang harus dilakukan vaksinasi jumlahnya sekitar 130 ribu dengan rincian untuk lansia 120 ribuan dan 9.000 untuk pelayanan publik seperti TNI, polri, guru, pedagang pasar, pejabat negara dan ASN," ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan Kota Bandung, dr Rosye Arosdiani, Kamis (25/2).

Ia mengatakan dosis vaksin untuk para lansia dan pelayan publik telah diterima dua hari kemarin dan selanjutnya akan didistribusikan ke rumah sakit dan puskesmas. Rosye mengatakan hanya sedikit rumah sakit dan puskesmas yang akan digunakan untuk kegiatan vaksinasi.

Baca Juga

"Lansia mulai besok di beberapa rumah sakit. Tidak seluruh rumah sakit, rumah sakit ibu dan anak, umum dan 30 puskesmas. Satu kecamatan satu puskesmas. Mudah-mudahan besok rumah sakit sudah siap," ungkapnya.

Ia menuturkan, vaksinasi vaksin Covid-19 dosis pertama dan kedua terhadap lansia diberi jarak 28 hari dengan pertimbangan kondisi kesehatan yang rentan. Hal lainnya, jika lansia kesulitan melangkah 10 anak tangga, mudah lelah, memiliki lima penyakit dari 11 penyakit seperti hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis dan serangan jantung, kesulitan berjalan dan mengalami penurunan berat badan dalam setahun, maka akan ditunda.

Baca juga : Isu Kudeta Demokrat, SBY: Pelibatan Moeldoko Nyata Sekali

"Vaksinasi diupayakan tidak di rumah dan direkomendasikan di tempat mumpuni. Kalau terdapat lima kriteria, maka ditunda dulu," ungkapnya.

Rosye menambahkan, total lansia yang terdata di Kota Bandung mencapai 280 ribu hingga 300 ribu orang. Mereka selanjutnya akan divaksinasi vaksin Covid-19 secara bertahap.

Pusat data dan informasi Covid-19 Kota Bandung melansir hingga Selasa (24/2) mencapai kasus kumulatif 12.074, kasus aktif 1.049, 10.784 kasus dan 241 kasus meninggal dunia.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA