Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Pembersih Lidah Ini Diklaim Dapat Mengurangi Mendengkur

Senin 08 Feb 2021 17:52 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Tidur sambil ngorok atawa mendengkur (ilustrasi).

Tidur sambil ngorok atawa mendengkur (ilustrasi).

Foto: Blogspot.com
FDA memberikan otorisasi pemasaran pembersih lidah untuk mengurangi dengkuran.

REPUBLIKA.CO.ID, MARYLAND—Tidak banyak pilihan yang tersedia untuk membantu meringankan masalah orang yang mendengkur. Namun solusi kali ini muncul dari perangkat eXciteOSA. Perangkat  ini adalah simulator pembersih lidah untuk membantu mengatasi mendengkur dan apnea tidur obstruktif ringan.

Dilansir dari Gizmodo, Senin (8/2), saat ini banyak perawatan untuk mendengkur dan apnea tidur lainnya menargetkan hidung, serta bertujuan untuk menjaga saluran udara lubang hidung tetap bersih. Padahal, lidah adalah penyebab utama di balik masalah tersebut. Karena lidah dapat jatuh ke belakang saat seseorang tidur dan menghalangi aliran udara.

Untuk mencoba mencegah hal ini terjadi, corong eXciteOSA menggunakan empat elektroda, dua di atas lidah dan dua di bawah, memberikan stimulasi neuromuskuler melalui serangkaian denyut listrik dengan periode istirahat di antaranya. Pasien menggunakan perangkat di lidah mereka selama 20 menit sehari selama periode enam pekan untuk awalan, kemudian sekali sepekan setelah itu.

Pada Jumat (5/2), Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) memberikan otorisasi pemasaran pada pengembang perangkat  Signifier Medical Technologies. Badan tersebut mengatakan perangkat itu mengurangi dengkuran keras (apa pun) di atas 40dB sebesar 20 persen di 87 dari 155 pasien yang terlibat dalam penilaiannya.

Dari sebagian pasien yang berjuang dengan mendengkur dan apnea tidur ringan, perangkat tersebut mengurangi Indeks Apnea-Hypopnea setiap orang. Adapun efek sampingnya, yang paling umum diamati FDA adalah air liur yang berlebihan, lidah atau gigi tidak nyaman, lidah kesemutan, sensitivitas tambalan gigi, rasa logam, tersedak dan rahang sesak.

Corong mulut eXciteOSA untuk saat ini hanya dengan resep dan ditujukan untuk orang dewasa berusia 18 tahun ke atas yang tidak memiliki masalah atau perangkat kontraindikasi, yang meliputi pacu jantung, petunjuk jarak implan, implan sementara atau permanen, kawat gigi dan perhiasan gigi antara lain. Tindakan ini juga tidak dimaksudkan untuk mengobati apnea tidur obstruktif yang parah dan pasien harus mendapatkan pemeriksaan gigi yang komprehensif sebelum memulai perawatan, sesuai dengan agen.

Apnea tidur obstruktif adalah gangguan tidur umum yang berpotensi menyebabkan kondisi medis serius jika tidak ditangani, seperti glaukoma, diabetes, kondisi jantung, kanker dan gangguan kognitif serta perilaku, kata FDA. Satu studi oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS menemukan sekitar 936juta orang dewasa berusia antara 30 dan 69 tahun mengalami apnea tidur obstruktif ringan hingga parah di seluruh dunia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA