Thursday, 13 Rajab 1442 / 25 February 2021

Thursday, 13 Rajab 1442 / 25 February 2021

Cara Francis Coppola Temukan Aktor yang Tepat untuk Filmnya

Ahad 24 Jan 2021 02:10 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Sutradara Francis Ford Coppola berbagi cerita tentang karier dan pengalamannya dalam program Mola Living Live, Jumat (22/1) petang.

Sutradara Francis Ford Coppola berbagi cerita tentang karier dan pengalamannya dalam program Mola Living Live, Jumat (22/1) petang.

Foto: dok. Mola TV
Film-film Francis Coppola diperankan oleh aktor-aktris dengan akting mengesankan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deretan film karya sutradara Francis Ford Coppola kerap menampilkan para aktor dan aktris dengan akting mengesankan. Sang sineas ternyata punya cara tersendiri untuk memilih pemeran bersama tim casting.

Francis mengibaratkan intuisi memilih pemeran seperti saat datang ke sebuah pesta. Setelah seseorang pulang dari sebuah pesta meriah, keesokan harinya pasti ada satu sosok yang tetap terkenang di antara tamu lainnya.

Menurut Francis, bisa saja alasannya bukan penampilan menarik atau wajah yang rupawan, tetapi ada kualitas dari kepribadian orang tersebut membekas pada ingatan. Teknik serupa dia terapkan pada proses seleksi pemeran.

"Saat aktor datang dan pergi, ada sosok yang terkenang karena dia punya kualitas tertentu yang saya sukai. Itu indikator yang baik bahwa mereka akan punya efek yang sama bagi audiens," tutur Francis saat menjadi narasumber di program Mola Living Live yang tayang di Mola TV, Jumat.

Sutradara trilogi The Godfather itu merasa pandangan bahwa sutradara membesarkan nama aktor agak kurang tepat. Menurut dia, para aktor menunjukkan penampilan dan akting yang hebat sehingga mereka bisa terus diterima penonton.

Francis mengatakan, sutradara hanya bisa berusaha membuat para aktor merasa nyaman untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Hal serupa selalu dia lakukan selama menyutradarai film-filmya dengan aktor yang punya beragam kepribadian.

Peraih dua penghargaan di Palme d’Or mencontohkan sosok Marlon Brando, yang disebutnya sebagai aktor jenius. Setelah Brando terlibat untuk sebuah peran, dia akan segera menanyakan semua seluk-beluk dan detail peran, serta menjajal banyak eksperimen.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA