Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Francis Coppola: Bikin Film tidak Cuma Soal Dulang Uang

Sabtu 23 Jan 2021 13:08 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Sutradara Francis Ford Coppola berbagi cerita tentang karier dan pengalamannya dalam program Mola Living Live, Jumat (22/1) petang.

Sutradara Francis Ford Coppola berbagi cerita tentang karier dan pengalamannya dalam program Mola Living Live, Jumat (22/1) petang.

Foto: dok. Mola TV
Francis Coppola terkenal sebagai pembuat film laris dan legendaris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sineas Francis Ford Coppola, membuat film tidak hanya sekadar untuk mengumpulkan pundi-pundi uang dan mengeruk keuntungan. Menurut Francis, membuat film adalah kegiatan menciptakan sebuah karya seni.

"Saya selalu menganggap kesempatan membuat film adalah peluang untuk mempelajari perfilman. Penting bagi saya membuat banyak film berbeda dan mencoba gaya berlainan," kata Francis.

Dia menyilakan penikmat film untuk membuat perbandingan dari karya-karyanya. The Godfather dengan Apocalypse Now, misalnya, punya gaya yang jauh bertentangan. Begitu pula pada sinema Bram Stoker's Dracula.

Saat menjajal sesuatu untuk pertama kalinya, Francis terkadang tidak tahu apa yang harus dilakukan. Menurut dia, itu malah bagus lantaran menantang dirinya untuk belajar lebih banyak dan menemukan berbagai solusi.

Francis belajar dari rekan sineasnya, Elia Kazan, yang mengatakan bahwa sutradara harus mengetahui seluk-beluk dari topik yang hendak dia wujudkan menjadi karya audio visual. Baca buku sebanyak-banyaknya dan lakukan riset sedalam-dalamnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA