Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Vinay Reddy, Sosok di Balik Pidato Joe Biden

Kamis 21 Jan 2021 13:57 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Cholleti Vinay Reddy ditunjuk sebgaai direktur penulis pidato presiden AS ke-46, Joe Biden.

Cholleti Vinay Reddy ditunjuk sebgaai direktur penulis pidato presiden AS ke-46, Joe Biden.

Foto: buildbackbetter.gov
Vinay Reddy merupakan warga AS keturunan India yang menjadi penulis pidato Biden.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Joe Biden merebut hati warga Amerika Serikat dengan pidato pertamanya sebagai presiden AS. Pidato tersebut dianggap berbobot dan mengesankan.

"Saya berjanji untuk menjadi presiden yang berusaha untuk menyatukan, bukan memecah-belah. Presiden yang tak memandang red States dan blue States, melainkan United States," tutur Biden di Capitol, Washington DC, AS, Rabu (20/1) waktu setempat, seperti dikutip dari The Hindu.

Pidato itu sepertinya juga membuat masyarakat di Pothieddypeta distrik Karimnagar, sekitar 200 kilometer dari Hyderabad, India, terkesan. Mereka memiliki kebanggaan tersendiri ketika mendengar pidato Presiden AS terpilih Joe Biden saat pelantikan. Sebab, pidato tersebut ditulis oleh seseorang yang punya akar di distrik tersebut.

photo
Presiden terpilih Joe Biden menyampaikan pidato perdana setelah mengucapkan sumpah untuk menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat, Washington, Rabu (20/1). - (EPA/Pool/Saul Loeb)

Sosok di balik pidato Biden adalah Cholleti Vinay Reddy. Dia telah ditunjuk menjadi direktur penulisan pidato presiden AS yang baru.

Baca Juga

Baca juga : Hari Pertama Kerja, Biden Cabut Sederet Kebijakan Era Trump

Kakek Vinay, Thirupathi Reddy, pernah menjabat sebagai sarpanch desa selama beberapa tahun. Sarpanch adalah kepala terpilih dari lembaga pemerintahan tingkat desa yang memiliki kekuasaan menggelar pengadilan desa.

Sementara ayah Vinay, Narayana Reddy, telah menyelesaikan sekolahnya di desa, mengejar gelar MBBS (Bachelor of Medicine, Bachelor of Surgery) di Hyderabad dan kemudian bermigrasi ke AS pada tahun 1970. Vinay lahir dan dibesarkan di AS.

Vinay tumbuh di Dayton, Ohio. Dia adalah anak kedua dari tiga bersaudara dalam keluarga imigran. Vinay mengenyam pendidikan di sekolah umum Ohio, kemudian mengambil studi di Fakultas Hukum Universitas Negeri Ohio.

Saat ini, Vinay bersama istri dan dua orang putrinya tinggal di New York. Meski menetap di New York, Vinay dan keluarganya tetap menjalin hubungan dengan desa asalnya.

Sang ayah, Narayana dan istrinya Vijaya, dilaporkan kerap mengunjungi desa untuk bertemu kerabat dan teman. Mereka terakhir mengunjungi Pothieddypeta pada Februari 2020. Mereka juga diketahui memiliki tiga hektare lahan dan sebuah rumah di desa.

"Ini menjadi kebanggaan, bukan hanya untuk keluarga kami tetapi seluruh desa bahwa Tuan Vinay Reddy naik ke posisi penting di AS," kata Cholleti Sai Krishna Reddy, seorang kerabat Vinay yang menjaga tanah keluarga mereka di desa, seperti dilansir Times Now News pada Kamis (21/1).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA