Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Sampaikan Pidato Pelantikan, Joe Biden Sindir Trump

Kamis 21 Jan 2021 07:06 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya

Upacara pelantikan Presiden terpilih Joe Biden,   menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat, Washington, Rabu (20/1).

Upacara pelantikan Presiden terpilih Joe Biden, menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat, Washington, Rabu (20/1).

Foto: EPA/Pool/Saul Loeb,
Dalam pidatonya, Joe Biden menyebut demokrasi telah menang.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Dalam pidato sumpah jabatannya Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan, 'demokrasi telah menang'. Ia menyerukan persatuan dan ketahanan untuk menghadapi perpecahan bangsa.

Dua pekan sebelumnya, pendukung Donald Trump dan ekstremis sayap kanan menyerbu Capitol Hill. Diselimuti dengan salju, pelantikan di Washington ini dijaga ketat oleh puluhan ribu tentara senjata lengkap dan tanpa penonton.

"Keinginan rakyat telah didengar dan keinginan rakyat telah diperhatikan, kami kembali belajar demokrasi berharga dan demokrasi itu rapuh, pada jam ini teman-teman, demokrasi telah menang, ini harinya Amerika, ini harinya demokrasi, ini hari bersejarah dan harapan, pembaharuan dan pemecahan masalah," kata Joe Biden dalam pidatonya, Kamis (21/1).

Baca Juga

Sejarah lain yang terukir dalam pelantikan ini adalah Kamala Harris yang menjadi perempuan pertama yang dilantik sebagai wakil presiden. Mantan Senator dari Kalifornia itu juga perempuan kulit hitam pertama dan keturunan Asia Selatan pertama yang menjabat sebagai wakil presiden.

Joe Biden tidak menyebutkan nama Trump yang melanggar tradisi dengan tidak menghadiri upacara pelantikan. Tapi, secara implisit, presiden AS yang baru itu menyerang Trump. 

Baca juga : Joe Biden: Saya Presiden untuk Semua Warga AS

 

 

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA