Selasa 22 Dec 2020 20:41 WIB

Sandiaga akan Berusaha Selamatkan Lapangan Kerja Pariwisata

Ia mengaku akan mengadopsi strategi inovasi dengan menggunakan teknologi.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ani Nursalikah
Sandiaga akan Berusaha Selamatkan Lapangan Kerja Pariwisata. Sandiaga Uno
Foto: ANTARA FOTO
Sandiaga akan Berusaha Selamatkan Lapangan Kerja Pariwisata. Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Sandiaga Uno menggantikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam reshuffle kabinet sore ini. Sandiaga Uno mengatakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak pandemi Covid-19. 

Karena itu, di bawah kepemimpinannya, kementeriannya akan berusaha menyelamatkan jutaan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terancam berhenti karena Covid-19.

Baca Juga

“Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini akan menjadi lokomotif pascapandemi untuk kita melanjutkan agenda-agenda pembangunan di sektor ini untuk terus membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan menghadirkan kesejahteraan bagi para rakyat masyarakat Indonesia,” kata Sandiaga saat konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12).

Sandiaga pun menyampaikan sejumlah strategi untuk menjalankan program-program di kementerian yang ia pimpin di tengah pandemi. Ia mengaku akan mengadopsi strategi inovasi dengan menggunakan teknologi dan pendekatan big data untuk memetakan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Ia juga ingin memastikan para pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bertahan di tengah pandemi dan juga menangkap berbagai peluang usaha yang ada. Selain strategi inovasi, Sandiaga juga menyiapkan strategi adaptasi guna menghadapi pandemi.

“Mendahulukan kesehatan dan keselamatan di setiap destinasi pariwisata dan di setiap lini ekonomi kreatif, CHSE salah satunya,” ujar dia.

Sandiaga juga akan melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk kementerian lembaga, pemerintah daerah, akademisi, universitas, masyarakat, dan juga dunia usaha. Ia mengatakan, kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif saat ini sangat bergantung pada proses pemulihan kesehatan dan upaya menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement