Rabu 16 Dec 2020 10:51 WIB

Klopp Bicara Keunggulan Jose Mourinho Sebagai Pelatih

Mourinho dinilai Klopp sukses sebagai pelatih karena memprioritaskan hasil akhir.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Jose Mourinho (Tottenham Hotspur/kiri) Vs Juergen Klopp (Liverpool)
Foto: Republika.
Jose Mourinho (Tottenham Hotspur/kiri) Vs Juergen Klopp (Liverpool)

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, mengungkapkan keunggulan Jose Mourinho sebagai pelatih. Menurut Klopp, Mourinho memprioritaskan hasil akhir dan bisa mengabaikan gaya bermain demi mencapai tujuannya tersebut. Menurutnya, sikap itu itu yang selama ini membuat Mourinho sukses sebagai pelatih. Pujian ini disampaikan Klopp jelang pertemuan timnya dengan Tottenham Hotspur yang diasuh Mourinho pada laga pekan ke-13 Liga Primer Inggris di Stadion Anfield, Kamis (17/12) dini hari WIB.

The Reds dipuji oleh banyak pihak, karena gaya permainan ofensif saat memenangkan gelar Liga Primer Inggris musim lalu. Liverpool tampil atraktif, mencetak banyak gol dan melibas lawan-lawannya di liga domestik. Namun Klopp menerima ada cara lain untuk mencapai tujuan menjadi juara, seperti yang dilakukan Mourinho.

Baca Juga

"Saya pikir, Jose Mourinho yang sukses cukup lama dalam bisnis sepak bola, telah memainkan banyak sistem yang berbeda dan banyak gaya yang berbeda," kata Klopp, dikutip dari Sky Sports, Rabu (16/12).

Mantan pelatih Borussia Dortmund itu mengatakan, seorang pelatih harus beradaptasi dengan kualitas pemain yang dimiliki timnya. Setelah itu baru memadukan antara ide dan kemampuan pemain. "Itulah kemampuan terbaik Mourinho," ujar Klopp.

Pada akhirnya, kata Klopp, semua orang akan bicara soal mendapatkan hasil. Mourinho, di mata Klopp, sosok terbaik untuk itu. Sebab dalam dalam momen menentukan, Mourinho tidak mempedulikan gaya permainan, dan hanya terganggu dengan hasil. "Itu yang membuatnya menjadi pelatih tersukses dan saya menghormati itu," kata Klopp.

Pujian Klopp berbalas serupa dari Mourinho. Menurut Mourinho, tim yang ingin mencapai level Liverpool saat ini haruslah bekerja dengan sempurna untuk bisa mendekati polesan Klopp.

"Jadi, saya pikir dia Klopp sangat dekat dengan kesempurnaan karena bisa mencapai level hasil yang mereka dapatkan sekarang," ujar Mourinho.

Tottenham saat ini menghuni puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan nilai 25. Liverpool berada tepat di bawahnya dengan nilai sama, tapi kalah selisih gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement