Senin 14 Dec 2020 02:16 WIB

Juventus Kalahkan Genoa, Ronaldo Sukses Eksekusi Dua Penalti

Kemenangan 3-1 membuat Juventus berhasil naik ke peringkat empat klasemen Serie A.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo mengeksekusi penalti pada laga Serie A melawan Genoa, Senin (14/12) dini hari WIB. Juventus menang 3-1.
Foto: EPA/Simone Arveda
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo mengeksekusi penalti pada laga Serie A melawan Genoa, Senin (14/12) dini hari WIB. Juventus menang 3-1.

REPUBLIKA.CO.ID, GENOA -- Juventus sukses beranjak dari peringkat keenam ke peringkat keempat klasemen sementara Serie A. Keberhasilan merangsek ke tiga besar klasemen sementara itu ditorehkan Si Nyonya Tua usai menekuk Genoa, 3-1, pada giornata ke-11 Liga Italia, Senin (14/11) dini hari WIB.

Tiga gol I Bianconeri, masing-masing dicetak oleh Paulo Dybala dan dua gol via eksekusi penalti Cristiano Ronaldo. Tambahan tiga angka di laga ini membawa I Bianconeri mengoleksi 23 poin dari 11 laga.

Baca Juga

Jumlah raihan poin Juventus sama seperti yang telah dikumpulkan Napoli. Dengan hasil ini, juara bertahan Liga Italia itu pun memangkas jarak poin menjadi tinggal tiga poin dengan pemuncak klasemen sementara, AC Milan, yang baru memainkan laga pada giornata ke-11 saat menghadapi Parma, Senin (14/12) dini hari WIB.

Pada babak pertama, tim tuan rumah berhasil membuat Si Nyonya Tua frustrasi. Pada sepanjang babak pertama, I Bianconceri begitu dominan dengan mencatatkan penguasaan bola mencapai 72 persen.

Pun dengan ancaman ke gawang Genoa. Total, para penggawa Si Nyonya Tua melepaskan tujuh tembakan. Kendati begitu, Juventus memang belum mampu tampil secara efektif saat membangu serangan.

Berbagai upaya serangan Juventus kerap terbentur oleh solidnya lini belakang tim tamu. Kondisi tidak jauh berbeda terjadi pada babak kedua. Tim tamu masih kesulitan membongkar pertahanan Il Grifone.

Sementara tim tuan rumah terus mengandalkan kedisiplinan di lini belakang untuk bisa meredam permainan Si Nyonya Tua. I Bianconeri akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-57.

Adalah Paulo Dybala yang mampu merobek gawang Genoa, yang dikawal oleh Mattia Perin. Setelah cut inside dan melewati dua pemain bertahan Genoa, striker asal Argentina itu melepaskan sepakan terarah ke pojok kiri gawang Il Grifone.

Ini menjadi gol perdana Dybala di pentas Liga Italia musim ini. Namun, Genoa mampu membalas hanya dalam rentang waktu kurang dari lima menit.

Stefano Sturaro berhasil memanfaatkan assist dari Luca Pellegrini. Mantan gelandang Juventus itu melepaskan tendangan voli dari sisi kiri gawang Juventus.

Kendati begitu, Juventus bisa mencatatkan keunggulan di laga ini, tepatnya pada menit ke-78. Pelanggaran keras yang dilakukan Nicola Rovella kepada Juan Cuadrado membuat wasit menunjuk titik putih.

Cristiano Ronaldo, yang dipercaya menjadi eksekutor, sukses melakoni tugasnya dengan baik. Ronaldo melepaskan tembakan ke arah tengah gawang tanpa bisa dihalau Perin.

Tidak berhenti sampai di situ, Juventus kembali mendapatkan hadiah penalti. Kali ini, giliran Perin yang melakukan pelanggaran kepada Alvaro Morata.

Untuk kedua kalinya di laga ini, Ronaldo menaklukan Perin. Hasil 3-1 membawa Si Nyonya Tua menajamkan rekor kemenangan Si Nyonya Tua dalam empat laga terakhir di semua ajang.

Susunan Pemain:

Genoa (4-4-2)

Pelatih: Rolando Maran

Kiper: Perin; Belakang: Goldaniga, Masiello, Bani, Pellegrini; Tengah: Lerager, Radovanovic, Rovella, Sturaro; Depan: Pjaca, Scamacca

Juventus (4-3-3)

Pelatih: Andrea Pirlo

Kiper: Szczesny; Belakang: Cuadrado, De Ligt, Bonucci, Alex Sandro; Tengah: McKennie, Bentancur, Rabiot, Depan: Chiesa, Dybala, Cristiano Ronaldo

photo
Bintang Juventus Cristiano Ronaldo - (Republika.)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement