Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Ditahan Imbang Fulham, Liverpool Gagal Kudeta Spurs

Senin 14 Dec 2020 01:39 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani

Striker Liverpool, Mohamed Salah (kanan) merayakan gol penyama kedudukan ke gawang Fulham pada laga Liga Inggris di Craven Cottage, Senin (14/12) dini hari WIB. Laga berakhir imbang 1-1.

Striker Liverpool, Mohamed Salah (kanan) merayakan gol penyama kedudukan ke gawang Fulham pada laga Liga Inggris di Craven Cottage, Senin (14/12) dini hari WIB. Laga berakhir imbang 1-1.

Foto: EPA/Neil Hall
Laga Fulham vs Liverpool berakhir imbang 1-1.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liverpool gagal mengambil alih peringkat teratas klasemen sementara Liga Primer Inggris usai ditahan imbang Fulham, 1-1, pada pekan ke-12 Liga Primer Inggris, Senin (14/12) dini hari WIB. Sempat tertinggal lebih dulu via gol Bobby Decordova-Reid pada babak pertama, The Reds bisa menyamakan kedudukan lewat gol tendangan penalti Mohammed Salah.

Kegagalan memetik poin penuh dari lawatan ke kandang Fulham itu membuat The Reds masih tertahan di peringkat kedua. Liverpool kalah selisih gol dari Tottenham Hotspur, yang sama-sama mengumpulkan 25 poin dari 12 laga.

Padahal, sebelum laga digelar, juara Liga Primer Inggris musim lalu itu memiliki peluang besar untuk bisa menggeser Spurs di puncak klasemen sementara dan mengantongi keunggulan dua poin. Pasalnya, di laga pada pekan ke-12 lainnya, Spurs ditahan imbang Crystal Palace, 1-1, Ahad (14/12) malam WIB.

Jalannya laga

Kendati menghadapi juara bertahan Liga Primer Inggris, Fulham langsung berani mengambil inisiatif serangan sejak awal laga. Partai belum genap berjalan 30 menit, tim tuan rumah bahkan sudah tiga kali menebar ancaman ke gawang The Reds.

Dua dari ancaman itu pun tepat mengarah ke gawang tim tamu. Pada menit ke-16, Fulham hampir mendapatkan hadiah tendangan penalti usai Fabinho, yang menempati posisi sebagai bek tengah, melakukan pelanggaran terhadap striker Fulham, Ivan Cavaleiro.

Namun, tim tuan rumah urung mendapatkan hadiah tendangan penalti lantaran wasit, setelah melakukan review VAR, menilai Fabinho tidak melakukan pelanggaran secara langsung kepada Cavaliero. Supporter Fulham, yang hadir di Stadion Craven Cottage, akhirnya bersorak pada menit ke-25.

Sayap kanan Fulham, ribu penonton, yang memadati Stadion Craven Cottage, akhirnya bersorak pada menit ke-25. Sayap kanan Fulham, Bobby Decordova-Reid, sukses merobek gawang Liverpool.

Setelah menerima umpan dari Ademola Lookman, Reid melepaskan sepakan keras dari tepi sebelah kiri kotak penalti Liverpool. Bola sepakan Decordova-Reid itu bersarang di sisi kanan gawang Liverpool, tanpa bisa dijangkau Allison.

Kurang dari 10 menit pasca gol Decordova-Reid, Fulham kembali memiliki peluang emas via sundulan Tosin Adarabioyo usai memanfaatkan tendangan bebas Cavaleiro. Namun, peluang itu berakhir dengan keberhasilan Allison menghentikan laju bola. Di sisi lain, Liverpool justru kesulitan mengembangkan permainan.

Hingga pertengahan babak pertama, tim besutan Jurgen Klopp itu belum bisa keluar dari tekanan dan agresivitas yang diterapkan tim tuan rumah. Kendati unggul dalam penguasaan bola, tapi The Reds masih belum bisa membangun penyerangan yang efektif.

Hingga menit ke-35, Liverpool hanya mencatatkan satu tembakan. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah akhirnya bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Liverpool berusaha mengambil alih kendali laga dan terus menekan pertahanan The Cottagers. Sayangnya, berbagai upaya serangan The Reds mampu diredam oleh lini belakang Fulham.

Trio lini serang The Reds, Mohammed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane, kesulitan membongkar pertahanan lawan lantaran jarang mendapatkan asupan bola. Sementara tim ruan rumah berusaha mempertahankan keunggulan dengan tampl lebih bertahan dengan sesekali melancarkan serangan balik.

Namun, pada menit ke-79, kiper Fulham, Alphonse Areola, terpaksa memungut bola dari gawangnya. Areola gagal menghalau eksekusi tendangan penalti Mohammed Salah.

Wasit memberikan hadiah tendangan penalti kepada Liverpool setelah pemain pengganti Fulham, Aboubakar Kamara, melakukan handball di kotak penalti. Kamara kedapatan mengangkat tangan saat menjadi pagar betis.

Setelah memecahkan kebuntuan sekaligus menyamakan kedudukan, Liverpool berupaya untuk berbalik unggul atas tuan rumah. Kendati begitu, hingga empat menit masa injury time babak kedua, The Reds gagal mencetak gol dan mesti puas membawa pulang satu angka dari lawatan ke markas salah satu tim promosi Liga Primer Inggris musim ini tersebut.

Susunan Pemain:

Fulham (3-4-1-2)

Pelatih: Scott Parker, Kiper: Areola, Belakang: Aina, Andersen, Adarabioyo, Tengah: Reid, Zambo, Lemina, Robinson; Loftus-Cheek Depan: Lookman, Ivan Cavaleiro.

Liverpool (4-3-3)

Pelatih: Jurgen Klopp Kiper: Allison Belakang: Alisson, Alexander-Arnold, Matip, Fabinho, Robertson Tengah: Henderson, Wijnaldum, Jones, Salah, Firmino, Mane.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA