Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Everton Ditahan Imbang Burnley 1-1

Sabtu 05 Dec 2020 21:26 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Pemain Everton Yerry Mina (kiri) berduel bola dengan pemain Burnley Chris Wood dalam pertandingan Liga Primer Inggris, Sabtu (5/12). Everton dan Burnley bermain imbang 1-1.

Pemain Everton Yerry Mina (kiri) berduel bola dengan pemain Burnley Chris Wood dalam pertandingan Liga Primer Inggris, Sabtu (5/12). Everton dan Burnley bermain imbang 1-1.

Foto: EPA-EFE/Oli Scarff
Everton menyamakan kedudukan pada melalui gol Dominic Calvert-Lewin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Everton kembali gagal memetik kemenangan dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Everton ditahan imbang 1-1 oleh Burnley di Stadion Turf Moor, Sabtu (5/12) malam WIB. 

Tim asuhan Sean Dyche memimpin dengan cepat melalui gol Robbie Brady pada menit ketiga. Namun Everton berhasil menyamakan kedudukan pada menit-menit akhir babak pertama melalui gol Dominic Calvert-Lewin.

Tambahan satu poin membuat Everton naik satu tingkat ke posisi delapan klasemen dengan nilai 17. Posisi Everton bisa tergusur andai tim-tim di bawahnya memetik kemenangan. Sementara Burnley tak beranjak di posisi dua terbawah dengan nilai enam.

Baca Juga

Jalannya laga

Tim tuan rumah mengambil inisiatif serangan sejak pertandingan dimulai. Burnley berhasil mencuri gol dengan cepat saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Gol pembuka itu diciptakan oleh Robbie Brady dengan tembakan kaki kanan dari luar kotak 16, memanfaatkan sodoran Ashley Westwood. Burnley unggul sementara 1-0 atas Everton.

Pada menit ketujuh, James Rodriguez berusaha memberikan ancaman dari luar kotak 16 saat menerima operan dari Abdoulaye Doucoure. Namun, percobaan itu masih dapat diblokir pertahanan tuan rumah. Burnley berbalik kembali menciptakan peluang pada menit ke-10 melalui Chris Wood dari bagian tengah kotak 16. Namun, peluang itu masih dapat digagalkan.

Tiga menit berselang, tim tamu kembali memberikan ancaman. Peluang emas itu dimiliki Calvert-Lewin dari jarak yang sangat dekat, tapi bola masih bisa diselamatkan di bagian tengah gawang. Pada menit ke-18, giliran Richarlison dengan tendangan kaki kirinya. Namun, peluang itu pun belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-22, Josh Brownhill hampir menggandakan keunggulan bagi Burnley. Namun tendangan kaki kanannya dari luar kotak 16 masih meleset ke bagian kiri gawang. Skor masih bertahan 1-0 untuk tuan rumah meskipun Everton lebih unggul dalam penguasaan bola dan tembakan.

Selanjutnya Andre Gomes gagal memaksimalkan umpan dari tendangan sudut di menit ke-31. Tembakannya dari luar kotak 16 masih meleset ke sisi kiri gawang. Everton sejauh ini sudah mengemas lima tembakan ke gawang, dengan hanya dua yang tepat sasaran.

Everton akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Calvert-Lewin dengan tembakan kaki kanan saat menerima assist dari Richarlison pada menit ketiga injury time babak pertama. Skor bertahan 1-1 hingga turun minum.

Pada babak kedua, pemain Everton langsung merangsek ke wilayah pertahanan Burnley. Namun, umpan terobosan Alex Iwobi kepada Calvert-Lewin di menit ke-46 gagal karena sang penyerang sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.

Pada menit ke-51 peluang kembali didapatkan oleh Kames saat menerima umpan dari Doucoure. Namun, tendangan kaki kirinya dari luar kotak 16 berhasil diselamatkan di sudut kiri bawah gawang.

Burnley baru menciptakan peluangnya kembali di menit ke-67 saat Robbie Brady mendapatkan ruang tembak di bagian tengah kotak 16. Namun, percobaan itu belum dapat membuahkan hasil karena masih dapat diblokir di muka gawang Everton.

Kedua tim terus berupaya merubah keadaan. Mereka saling jual beli serangan dan memberikan ancaman ke gawang lawan. Tendangan Andre Gomes di menit ke-80 dari luar kotak 16 masih terlalu tinggi dan melebar. Dua menit berselang, tendangan Calvert-Lewin nyaris membawa Everton memimpin, tapi bisa diselamatkan tuan rumah.

Semenit kemudian, tandukan Chris Wood saat menerima umpam dari Dwight McNell di muka gawang Everton masih bisa dihentikan. Sementara Everton kembali mengancam di menit-menit akhir. Namun tembakan Sigurdsson yang mengarah ke sudut kiri bawah gagal berbuah gol.

Susunan pemain kedua tim:

Burnley: Pope; Lowton, Tarkowski, Mee, Taylor; Brady (Benson 86'), Westwood, Brownhill, McNeil; Wood, Rodriguez (Barnes 75').

Pelatih: Sean Dyche

Everton: Pickford; Godfrey, Mina, Keane; Iwobi, Doucoure (Gylfi Sigurdsson 81'), Allan, Delph (Andre Gomes 29'); Rodriguez, Calvert-Lewin, Richarlison.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA