Senin 09 Nov 2020 07:43 WIB

Lindungi Privasi, Apple Buat Aturan Baru untuk Pengembang

Apple akan mewajibkan pengembang mencantumkan label nustrisi pada aplikasi di iOS.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Iphone dengan iOS 14.
Foto: renan store
Iphone dengan iOS 14.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple memiliki cara baru untuk melincungi penggunanya. Dikutip dari The Verge, Sabtu (7/10), Apple mengumumkan  pengembang diminta memberikan informasi untuk "label nutrisi" mulai 8 Desember.

Saat mengumumkan iOS 14 pada September lalu, Apple merilis fitur privasi. Namun konsep "label nutrisi" tidak muncul saat peluncuran sistem operasi terbaru itu pada September.

Baca Juga

Seperti label nutrisi pada makanan yang mencantumkan bahan dan kandungan kalori, "label" privasi di iOS ini akan memberi pengguna gambaran yang lebih baik tentang aplikasi sebelum pengguna mengunduhnya di App Store iOS atau Mac App Store.

Informasi ini akan ditampilkan secara visual di halaman aplikasi, layaknya melihat bagian belakang label nutrisi di produk makanan.

Pengembang diminta untuk mengungkapkan informasi tersebut sembari merilis dan memperbarui aplikasi. Semua informasi yang disediakan akan dilaporkan sendiri oleh pengembang.

Situs pengembang Apple memperingatkan bahwa pengembang akan diwajibkan untuk mengungkapkan semua informasi dan selalu memperbarui "label" mereka.

Misalnya, jika sebuah aplikasi perlu mengetahui lokasi persis pengguna, maka pengguna akan mengetahuinya sebelum mengunduhnya. Jika fungsi GPS pernah dihapus dari aplikasi, label baru tersebut harus mencantumkan hal itu.

Dengan label ini, bisa diketahui bahwa jika suatu aplikasi bermaksud melacak pengguna, pengguna akan mengetahuinya sebelum aplikasi tersebut diunduh di ponsel mereka. Pengembang dapat mulai mengirimkan informasi aplikasinya saat ini sebelum tenggat waktu 8 Desember.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement