Kamis 05 Nov 2020 18:28 WIB

Apple Kekurangan Chip, Pasokan Iphone 12 Terganggu?

Kekurangan chip berpotensi mengganggu pengiriman Iphone 12.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
iPhone 12 mini
Foto: cnet
iPhone 12 mini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Huawei bukan satu-satunya produsen ponsel yang menghadapi kekurangan chip. Bloomberg melaporkan Apple mengalami masalah dalam mendapatkan chip yang mengontrol konsumsi daya pada seri iPhone 12.

Sumber laporan tersebut mengatakan kekurangan tersebut dapat mengganggu Apple untuk memenuhi permintaan tinggi seri iPhone 12 5G musim liburan ini.  iPhone terjual dengan baik tidak hanya selama kuartal liburan, tetapi juga selama kuartal peluncurannya.

Baca Juga

Namun, Apple mungkin beruntung. Bloomberg mengatakan pemasok mungkin akhirnya memprioritaskan kebutuhan Apple daripada kebutuhan pelanggan lainnya.

Menurut TSMC, ponsel 5G tersebut menggunakan chip 30 persen hingga 40 persen lebih banyak daripada ponsel 4G. Manajemen daya pada ponsel 5G lebih penting karena jumlah masa pakai baterai yang dikonsumsi saat ponsel terhubung ke sinyal 5G.

Yang mendorong permintaan chip adalah pandemi. Selain itu, ada kekhawatiran wabah gelombang susulan akan bermunculan di berbagai daerah seperti Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Para analis mengatakan ketika virus corona menjadi pandemi, rantai pasokan Asia ditutup. Ketika pasar berangsur normal, masih ada masalah dengan gangguan yang diperkirakan akan berlanjut setidaknya selama dua kuartal lagi.

CEO Apple, Tim Cook telah berbicara tentang masalah pasokan yang dihadapi Apple. Cook mengaku sulit menebak berapa lama kendala tersebut akan berlangsung.

Dia berbicara dengan analis tentang perangkat mana yang menghadapi kekurangan chip yakni  lini iPhone 12, iPad, Mac dan beberapa model Apple Watch. Perusahaan iFixit menunjukkan Apple memiliki banyak pemasok untuk chip manajemen daya, termasuk Texas Instruments.

Huawei kekurangan chip

Huawei juga mengalami kekurangan pasokan chip. Namun, hal ini bukan karena pandemi. Kekurangan pasokan chip Huawei lantaran aturan yang dibuat oleh Departemen Perdagangan AS.

Huawei dilaporkan memesan 15 juta unit 5nm Kirin 9000 SoC, tetapi hanya menerima 8,8 juta unit. Huawei harus berhati-hati karena membutuhkan chip tersebut untuk memberi daya pada flagship seri Mate 40 barunya, ponsel lipat Mate X2 dan stasiun pangkalan yang digunakan untuk jaringan 5G-nya. Dengan perubahan aturan AS, itu tidak akan dapat memperoleh lebih banyak Kirin 9000 SoC tanpa izin AS.

Jumat (6/11) ini , Apple akan mulai menerima pre-order untuk iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro Max. Kedua model tersebut akan dirilis pada 13 November.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement