Jumat 06 Nov 2020 15:03 WIB

11 Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Darah ke PMI Cirebon

Dari puluhan penyintas Covid-19 yang mendaftar donor, hanya ada 11 yang diterima

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Seorang pasien sembuh COVID-19 mendonorkan plasma darahnya. Ilustrasi.
Foto: M RISYAL HIDAYAT/ANTARA
Seorang pasien sembuh COVID-19 mendonorkan plasma darahnya. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menerima para penyintas Covid-19 yang mendonorkan plasma darahnya. Keterangan ini disampaikan Ketua Umum PMI Kabupaten Cirebon Sri Heviyana.

"Yang sudah mendonorkan plasma di PMI Kabupaten Cirebon ada 11 orang penyintas Covid-19," katanya di Cirebon, Jumat.

Baca Juga

Sri mengatakan respons para penyintas Covid-19 di Kabupaten Cirebon untuk melakukan donor plasma memang cukup tinggi. Namun donor plasma tidak bisa sembarangan karena harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Dari puluhan orang penyintas Covid-19 yang mendaftar, hanya ada 11 yang diterima dan memenuhi persyaratan sebagai pendonor. "Memang yang mendaftar sudah banyak dan ini responsnya positif setelah pertama kali mengadakan sosialisasi siap menerima donor plasma," ujarnya.

Dari 11 penyintas Covid-19 yang mendonorkan plasma darahnya, semua didistribusikan ke RSUD Waled dan juga RS Mitra Plumbon untuk para pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang mengalami gejala berat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni mengatakan pada Jumat (6/11) pihaknya mengantarkan anaknya yang sudah sembuh dari Covid-19 untuk mendonorkan plasma darahnya. "Secara pribadi saya mengantar anak untuk mendonorkan plasma setelah sempat terkonfirmasi positif dan dinyatakan sembuh," terang Enny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement