Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Pengunjuk Rasa Kembali Turunkan Patung Konfederasi

Rabu 17 Jun 2020 15:44 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih

Sejumlah demonstran memegang poster. Demonstran anti-rasialisme dan brutalitas polisi menurunkan Monumen Howitzer. Ilustrasi.

Sejumlah demonstran memegang poster. Demonstran anti-rasialisme dan brutalitas polisi menurunkan Monumen Howitzer. Ilustrasi.

Foto: AP / Peter Dejong
Demonstran anti-rasialisme dan brutalitas polisi menurunkan Monumen Howitzer

REPUBLIKA.CO.ID, RICHMOND -- Pengunjuk rasa di Richmond, Amerika Serikat (AS) kembali menurunkan patung Konfederasi. Kali ini demonstran anti-rasialisme dan brutalitas polisi menurunkan Monumen Howitzer yang terletak di dekat kampus University Monroe Park, Richmond, Virginia.

Patung tersebut diturunkan pengunjuk rasa yang melakukan pawai semalaman di tengah hujan. Pada Rabu (17/6) surat kabar setempat Richmond Times-Dispatch, merilis sebuah video yang memperlihatkan patung tersebut terbalik dengan wajah menghadap tanah.

Ini patung ketiga dan monumen keempat Konfederasi yang diturunkan pengunjuk rasa di Virginia sejak demonstrasi menentang rasisme bergejolak. Demonstrasi meledak setelah video pembunuhan laki-laki kulit hitam George Floyd yang tewas oleh polisi kulit putih tersebar di media sosial.

Dalam beberapa pekan terakhir pengunjuk rasa menurunkan patung presiden Konfederasi Jefferson Davis, Jenderal Konfederasi Williams Carter Wickham, dan Christopher Columbus. Pengunjuk rasa di Richmond mulai menggelar unjuk rasa pada Selasa (16/6) malam.

Richmond Times-Dispatch melaporkan pengunjuk rasa menuntut agar semua patung Konfederasi disingkirkan. Mereka membentuk dewan peninjauan sipil untuk mengawasi tindakan polisi dan memotong anggaran polisi.

Sebelum diturunkan, Howitzers Monument menunjukkan seorang pasukan artileri Konfederasi sedang memegang senjata. Berdasarkan Encyclopedia of Virginia, monumen yang didirikan tahun 1892 itu dibangun untuk mengenang unit artileri Richmond selama Perang Sipil.

sumber : AP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA