Selasa 21 Apr 2020 20:09 WIB

Perum Perindo Sumbang APD dan Serap Ikan Nelayan

APD diserahkan kepada Satgas Penanganan Covid BUMN

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) salurkan bantuan perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) ke rumah sakit dalam rangka penanggulangan Covid-19 di Jakarta, Selasa (21/4).
Foto: Perum Perindo
Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) salurkan bantuan perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) ke rumah sakit dalam rangka penanggulangan Covid-19 di Jakarta, Selasa (21/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) memberikan bantuan perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) ke rumah sakit dalam rangka penanggulangan Covid-19.

Sekretaris Perushaan Boyke Andreas mengatakan sumbangan APD ini diserahkan kepada Satgas Penanganan Covid BUMN yang selanjutnya, akan didistribusikan ke rumah sakit, sesuai arahan Tim Gugus Tugas Covid-19 BUMN.

Baca Juga

"Pemberian bantuan APD ini adalah komitmen kami guna mencegah resiko penularan COVID-19 kepada para tenaga medis," ujar Boyke dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (21/4).

Bantuan yang disalurkan berupa 300 APD baju hazmat, ribuan masker standar Departemen Kesehatan, ratusan Hand Sanitizer, Thermo Gun dan disinfektan. Selain itu, lanjut Boyke, Perum Perindo juga memberikan bantuan masker kepada pedagang ikan di Pasar Ikan Modern Muara Baru dan kepada security wanita dan pedagang wanita di kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta. Bantuan juga diberikan dalam bentuk sembako kepada warga Brondong, Jawa Timur di area Kantor Cabang Perum Perindo di Brondong.

Di sisi lain, mengenai serapan ikan nelayan, Perum Perindo siap sebagai offtaker tangkapan hasil nelayan dan pembudidaya ikan yang selanjutnya dapat didistribusikan atau dijual kepada masyarakat agar gizi protein mereka terpenuhi.

Boyke menambahkan Perum Perindo mengajak kolaborasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, BUMDes, perusahaan swasta dan instansi lain untuk turut membeli hasil tangkapan nelayan. Nantinya, pembelian ikan tersebut akan menjadi bantuan sosial yang dibagikan kepada masyarakat.

Hal ini sejalan dengan pernyataan presiden Joko Widodo yang menyebutkan makan ikan merupakan upaya meningkatkan imun tubuh untuk menangkis corona.

Pernyataan Presiden RI merupakan hasil rapat terbatas dengan para menteri tentang Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19. Salah satu pesan Jokowi dalam rapat itu yakni menginstruksikan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo untuk membagikan ikan kepada masyarakat di daerah.

"Tujuan dari Presiden memberikan bantuan kepada masyarakat yaitu dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh melalui makan ikan. Presiden percaya kandungan yang terdapat dalam ikan bisa meningkatkan imun tubuh sehingga membantu mencegah penularan Covid-19," kata Boyke menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement