Selasa 21 Apr 2020 19:25 WIB

Pertamina Beri Bantuan APD ke RSUD Tasikmalaya

Bantuan diberikan ke petugas kesehatan sebagai garda terdepan menangani Covid-19.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Bantuan masker dan alat pelindung diri untuk paramedis terus mengalir (ilustrasi)
Foto: Istimewa
Bantuan masker dan alat pelindung diri untuk paramedis terus mengalir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- PT Pertamina (Persero) wilayah Marketing Operation Region (MOR) III menyerahkan sejumlah bantuan di Tasikmalaya, Senin (20/04). Bantuan itu antara lain diberikan ke RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, yang telah ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan.

Unit Manager Communication Relations & CSR Dewi Sri Utami mengatakan, bantuan itu merupakan upaya untuk mendukung pemerintah dalam melindungi seluruh aspek masyarakat dari ancaman Covid-19. Di satu sisi, petugas kesehatan merupakan garda terdepan dalam menangani Covid-19.

Baca Juga

“Kami sangat mengapresiasi kegigihan tenaga kesehatan dan profesi pendukung kesehatan yang berjuang di garda depan dalam penanganan virus ini. Kami berharap, bantuan ini bisa membantu melindungi para nakes," kata dia dalam keterangan resminya, Selasa (21/4).

Ia menjelaskan, saat ini RSUD dr Soekardjo memiliki dua ruang isolasi untuk orang yang diduga terkena Covid-19. Rumah sakit itu juga memiliki tim khusus penanganan Covid-19, yang terdiri atas dokter spesialis penyakit dalam, 12 orang perawat yang memiliki perannya masing-masing dalam penanggulangan virus ini.

Dewi menyebutkan, bantuan Pertamina ke RSUD dr Soekardjo antara lain berupa alat perlindungan diri medis berupa hazmat, kacamata safety, kacamata google, serta masker N95, dan masker medis. Selain itu, Pertamina juga memberikan sarung tangan dan sepatu boot. Selain ke rumah sakit, bantuan berupa masker dan jamu juga diberikan kepada awak media yang sebagian tetap bertugas memberikan informasi Covid-19 terhadap masyarakat.

Sementara itu, Hiswana Migas DPC Priangan Timur juga memberikan donasi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasik, RSUD Banjar, Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, Sekda Kabupaten Pangandaran, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis. Pemberian donasi dilakukan secara simbolis oleh Ketua Hiswana DPC Priangan Timur Sigit Wahyu Nandika kepada Wakil Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf.

Bantuan berupa disinfektan 200 liter, hand sanitizer 40 liter, 2.000 masker medis, sarung tangan latex 1.200 buah, sabun cair tangan, kacamata google, dan masker N95. "Donasi dari Hiswana merupakan kontribusi semua pengusaha migas yaitu SPBU, Agen LPG, SPPBE, yang bertujuan untuk memberikan perlindungan tambahan bagi tim BPBD, tenaga kesehatan di rumah sakit, serta jurnalis media," kata Dewi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement