Di Rumah Saja Selama Ramadhan, Ayo Jaga Kesehatan Kulit!

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

 Senin 13 Apr 2020 08:00 WIB

Kesehatan kulit tetap bisa terjaga meski berpuasa sebulan penuh selama Ramadhan. Foto: Prayogi/Republika Kesehatan kulit tetap bisa terjaga meski berpuasa sebulan penuh selama Ramadhan.

Kesehatan kulit tetap bisa terjaga meski berpuasa sebulan penuh selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asupan makanan dan gaya hidup sehat tak saja bisa meningkatkan antibodi di tengah pandemi global Covid-19. Keduanya juga  berpengaruh pada kesehatan kulit.

"Selama bulan puasa, kulit tentu lebih kering," ucap dokter spesialis kulit, dr Matahari Matahari saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (12/4).

Sebagai solusi, Matahari menganjurkan untuk sering berwudhu. Setelahnya, segera oleskan pelembap.

Baca Juga

"Sebaiknya lebih sering menggunakan pelembap," ujarnya.

Dengan cuaca yang juga cukup panas, beberapa permasalahan kulit juga kerap timbul. Misalnya, pada usia muda, baik itu perempuan maupun laki-laki, paling banyak mengeluhkan masalah jerawat.

Mengapa begitu? Matahari menjelaskan, jerawat muncul akibat aktivitas kelenjar sebum alias kelenjar minyak meningkat, terutama karena hormon. Di samping itu,pola makan, pola tidur, cara merawat kulit, dan penggunaan kosmetik juga turut berpengaruh.

Untuk cuaca panas, menurut Matahari, keluhan lain yang sering terjadi adalah flek hitam. Penyebabnya berbagai hal, karena jenis flek hitam ini pun beragam.

"Bila flek sulit hilang, atau muncul bintil-bintil di kulit yang semakin besar dan banyak, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin," kata Matahari.

Dalam mengatasi masalah kulit, menurut Matahari, diperlukan modifikasi penyebabnya. Selain itu, gaya hidup harus lebih sehat, seperti kurangi rokok, alkohol, makanan dengan kandungan karbohidrat dan gula tinggi, serta produk susu.

"Jangan lupa, tidur pada jam dan durasi yang tepat lalu perhatikan penggunaan kosmetik dan sesuaikan dengan jenis kulit serta dibersihkan dengan baik," kata Matahari.

Jadi meskipun di rumah saja, Matahari menganjurkan untuk tetap harus rutin mencuci wajah, menggunakan pelembap, dan tabir surya. Akan lebih baik lagi jika rajin mengonsumsi vitamin dan antioksidan. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin dan antioksidan juga menjaga dan memperbaiki kesehatan kulit.

"Konsumsi saja seperti vitamin C, vitamin E, dan zinc. Untuk yang memiliki kulit bermasalah juga sebaiknya penggunaan serum dan krim malam tetap rutin dilakukan," papar dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X