Saturday, 3 Zulqaidah 1445 / 11 May 2024

Saturday, 3 Zulqaidah 1445 / 11 May 2024

MPR Resmi Terima Usulan DPD Terkait GBHN

Selasa 27 Sep 2016 13:31 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

DPD menyerahkan usulan mengenai GBHN kepada MPR.

DPD menyerahkan usulan mengenai GBHN kepada MPR.

Foto: Republika/Eko Supriyadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan resmi menerima usulan DPD terkait rencana pembentukan Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Usulan tersebut disampai dalam rapat konsultasi yang digelar bersama Pimpinan DPD dan MPR.

Pimpinan DPD yang hadir antara lain Farouk Muhammad dan GKR Hemas. Sementara semua pimpinan MPR hadir dalam rapat berlangsung tertutup sekitar 30 menit tersebut. Kelompok DPD memberikan rekomendasi tertulis untuk dibahas lebih lanjut oleh pimpinan MPR.

"Masukan dari DPD ini akan kami pertimbangkan. Pembahasannya akan tetap dilakukan bersama seluruh fraksi dan kelompok DPD," ujar Zulkifli saat menerima rekomendasi tertulis, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (27/9).

Menurutnya, yang baru disepakati saat ini adalah mengenai pentingnya haluan negara. Tapi, usulan DPD tersebut tentu saja akan dibahas oleh masing-masing fraksi. Zulkifli juga mengungkapkan, selain menyetujui adanya GBHN, DPD juga menyerahkan draft penguatan peran DPD dalam amandemen UUD 1945 nanti.

Selain membicarakan perihal penguatan peran kelompok DPD, dalam kesempatan ini Zulkifli juga menyampaikan keprihatinan atas penahanan mantan Ketua DPD RI Irman Gusman.

"Kita semua prihatin apa yang dialami oleh Irman Gusman. Semoga kuat dan keluarganya juga tabah, tentu ada hikmah di balik ini," kata Zulkifli.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler