Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Kunker Saat Reses, Wakil Ketua MPR Kunjungi Penangkaran Ikan Arwana

Kamis 12 May 2016 21:57 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Oesman Sapta mengunjungi penangkaran ikan arwana saat reses.

Oesman Sapta mengunjungi penangkaran ikan arwana saat reses.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, KAPUAS HULU -- Dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja pada masa reses di Kabupaten Kapuas Hulu, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta sempat melihat penangkaran ikan air tawar Arwana di Desa Jaras, Putussibau, Kalimantan Barat, Kamis (12/5). Oesman Sapta yang didampingi Bupati Kapuas Hulu A.M. Nasir diterima pemilik penangkaran Agus Setiawan. Penangkaran ikan Arwana itu di bawah PT Arwana Lestari.

Di tempat itu, pria yang akrab disapa Oso ini menyaksikan deretan akuarium berisi ikan arwana dari berbagai ukuran, mulai dari ikan yang baru lahir hingga ikan yang sudah besar. Juga menyaksikan beberapa indukan (ikan arwana induk).

"Ikan Arwana menaruh telurnya di mulut. Baru 70 hari kemudian telur-telur itu dimuntahkan," jelas Agus Setiawan. Pada saat panen adalah saat ikan arwana membuka mulutnya untuk mengeluarkan telur-telurnya.

Selain tempat penangkaran ikan Arwana di akuarium, Oso juga diajak melihat panangkaran ikan di kolam (empang) yang terletak di belakang rumah. Di kolam, ikan Arwana yang sudah besar, Oso pun sempat melepas satu ikan arwana di kolam yang terdapat sekitar 60 ekr ikan Arwana yang sudah besar.

Harga ikan Arwana cukup mahal. Ikan arwana yang kecil, ukuran 10 cm atau baru lahir sekitar 1,3 sampai 1,5 juta. Makanan ikan Arwana adalah udang, kodok, belut, jangkrik.

Sebelumnya Oesman Sapta juga meninjau pembangunan Masjid Agung Kapuas Hulu. Pembangunan masjid ini masih dalam tahap penyelesaian. "Saya juga sedang bangun masjid di kampung saya, di Kayong. Masjidnya berada di atas laut. Nanti bulan Oktober akan diresmikan," kata Oso.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler