Saturday, 25 Syawwal 1445 / 04 May 2024

Saturday, 25 Syawwal 1445 / 04 May 2024

Kapuas Hulu Perlu Rumah Sakit Tipe B

Kamis 12 May 2016 17:13 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta.

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, KAPUAS HULU -- Wakil Ketua MPR Oesman Sapta memulai kunjungan kerja di Kabupaten Kapuas Hulu pada masa reses ini. Setelah beristirahat sejenak di ruang VIP Bandara, Oso langsung menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Achmad Diponegoro, di Jalan Komodor Yos Sudarso, Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu.

Sebentar berhenti di ruang perawatan bayi, kepada wartsawan Oso mengungkapkan keprihatinan melihat kondisi rumah sakit ini. "Kasihan rakyat kalau melihat pelayanan kesehatan di sini," ujarnya, Kamis (12/5).

Oso menerima keterangan dari Kepala RS Dewi Widyasari bahwa banyak kekurangan yang dialami rumah sakit ini, seperti tidak ada dokter bedah, obat-obatan yang masih kurang, kondisi fisik rumah sakit, masih kurangnya tenaga kesehatan, dan lainnya.

"Kasihan rakyat kita. Daerah ini dekat Serawak Malaysia. Bagi yang mampu, mereka berobat ke seberang (Malaysia). Konsekuensinya ongkos yang besar berobat kesana. Uang kita terserap ke mereka," kata Oso.

Karena itu, Oso minta tipe RSUD Kapuas Hulu ini ditingkatkan dari tipe C ke tipe B. Menurut dia, dengan penduduk Kapuas Hulu 265 ribu jiwa sudah sangat feasible untuk membangun rumah sakit tipe B. Kalau tidak dibangun, mereka akan berobat ke Kuching Malaysia.

"Bagaimana rakyat yang tidak mampu? Saya pikir pemda dan pemerintah pusat harus memikirkan masalah ini," katanya.

Sementara itu dr. Widyasari mengungkapkan masalah krusial di rumah sakit ini adalah tidak ada dokter bedah. Kalau ada pasien yang memerlukan tindakan pembedahan harus ke Sintang atau Pontianak. "Kami minta ada calon dokter bedah yang bisa ditugaskan di rumah sakit ini," pintanya.

Dalam kunjungan di rumah sakit ini, Oso sempat berdialog dengan pasien di ruang perawatan kelas III. RS yang berdiri tahun 1985 ini memiliki 170 tempat tidur.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler