Tuesday, 6 Zulqaidah 1445 / 14 May 2024

Tuesday, 6 Zulqaidah 1445 / 14 May 2024

Toleransi Jadi Kunci Terima Keberagaman

Rabu 11 May 2016 10:39 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan melakukan safari kebangsaan di Solo.

Ketua MPR Zulkifli Hasan melakukan safari kebangsaan di Solo.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Ketua MPR Zulkifli Hasan bicara mengenai tleransi dalam  Safari Kebangsaan Merajut Kebhinnekaan bersama Ketua MPR kepada pengurus pusat Yayasan Majelis Tafsir Alquran Surakarta Solo, Selasa (10/5). Diutarakannya, saat ini tanpa pemahaman nilai luhur bangsa yang baik maka intoleransi akan semakin subur.

"Toleransi sangat penting sebab dengan toleransi kita akan mampu menerima keberagaman, tidak saling mencaci dan saling marah," katanya.

Selain bicara toleransi, Zulkifli juga berbicara soal haluan negara. Dia mengatakan sistem pembangunan nasional model GBHN atau lebih mudah disebut haluan negara menjadi bahan kajian dan diskusi baik di MPR RI dan di berbagai wadah-wadah diskusi dan seminar saat ini sudah menjadi wacana bangsa.

"Mengapa haluan negara merupakan wacana bangsa sebab wacana ini datang dari rakyat, datang dari aspirasi rakyat yang kita tangkap di berbagai daerah," ucapnya.

Aspirasi masyarakat, lanjut Ketua MPR, sangat beragam.  Sebagian ingin UUD dikembalikan seperti dulu, di sisi lain ada juga yang ingin UUD dilakukan perubahan disesuaikan dengan perkembangan jaman. Tapi ada satu hal, wacana haluan negara mendapat respon positif sebagian besar rakyat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler