Friday, 9 Zulqaidah 1445 / 17 May 2024

Friday, 9 Zulqaidah 1445 / 17 May 2024

Ketua MPR Harap RI Berjaya di Special Olympics World Games 2015

Selasa 09 Jun 2015 20:31 WIB

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Djibril Muhammad

Ketua MPR Zulkifli Hasan bertanding tenis meja melawan atlet pelatnad Special Olympis Worlg Games 2015

Ketua MPR Zulkifli Hasan bertanding tenis meja melawan atlet pelatnad Special Olympis Worlg Games 2015

Foto: Muhammad Subarkah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berharap kontingen Indonesia harus dapat meraih posisi terhormat ketika mengikuti ajang 'Special Olympics World Games 2015' yang akan diselenggaragan di Los Angles Amerika Serikat pada akhir Juli mendatang.

Paling tidak, ia berharap, dapat mempertahankan perolehan medali seperti mengikuti gelaran acara yang sama yang digelar di Athena Yunani pada 2011.

"Pertahankan prestasi seperti di Athena itu. Paling tidak harus mempertahankan posisi dengan meraih 14 medali emas. Saya yakin bisa melihat keseriusan mereka berlatih," kata Zulkifli Hasan ketika mengunjungi pusat latihan nasional Olympic Indonesia menuju 'Special Olympics World Games 2015', di Jakarta, Senin (9/6).

Zulkifli menyatakan ajang olimpiade yang diikuti para disabel itu hendaknya mampu menunjukan bahwa meski punya kekurangan ragawi namun tidak menyebabkan mereka tak bisa meraih prestasi. Untuk itu negara dan pemerintah hendaknya memberikan dukungan dan apresiasi yang tinggi kepada mereka.

"Kami yang ada di parlemen berharap dan berusaha agar pembahasan RUU perlindungan kepada kaum disabilitas bisa segera dituntaskan. Hal ini sangat penting untuk memberikan jaminan agar para penyandang disabilitas diberlakukan yang layak. Mereka nantinya bisa mendapat fasilitas yang sama dengan warga negara lainnya," katanya.

Anggota Komisi VIII DPR, Desy Rantasari mengatakan pihaknya memang ingin agar RUU perlindungan kepada kaum disabiltas bisa segera disahkan. Dan dia berharap pada tahun ini pembahasan RUU tersebut dapat dituntaskan.

"Bila nanti disahkan maka akan ada payung hukum yang konkret kepada kaum penyandang disabilitas. Mereka akan mendapat jaminan hukum yang sama seperti mendapatkan hak bekerja, memperoleh kemudahan dalam penggunaan fasilitas umum, mendapat kemudahan dalam pengobatan dan hak lainnya," ujar Desy.

Tentang kepergian kontingen Indonesia dalam Special Olympics World Games 2015, Desy menyatakan memang perlu mendapat dukungan yang konkret. Sebab, ajang ini merupakan pembuktian kepedulian bangsa ini kepada para penyandang disabilitas.

"Saya akan ikut mendampingi ke Los Angles. Pak Zulkifli Hasan selaku Ketua Umum Partai Amanaty Nasional dan Ketua MPR sudah memberikan izinnya," ujar Desy Ratnasari.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler