Tuesday, 13 Zulqaidah 1445 / 21 May 2024

Tuesday, 13 Zulqaidah 1445 / 21 May 2024

Ketua MPR Pimpinan KPK akan Banyak Peminat

Jumat 05 Jun 2015 14:19 WIB

Red: Taufik Rachman

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meyakini pendaftaran calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang resmi dibuka sejak Jumat 5 Juni hingga 24 Juni 2015 akan banyak peminat.

"Saya percaya banyak patriot-patriot bangsa yang akan maju untuk memimpin KPK," kata Zulkifli Hasan ketika dihubungi wartawan dari Lampung, Jumat.

Zulkifli tidak sepakat dengan kekhawatiran segelintir pihak atas minimnya peminat calon pimpinan KPK lantaran kasus dugaan "kriminalisasi" yang didera pimpinan KPK sebelumnya.

Juru Bicara Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Betti Alisjahbana menyatakan ada dua orang yang mengajukan diri pada hari pertama masa pendaftaran.

"Pendaftar pertama sudah masuk, satu (mendaftar) lewat e-mail, satu lagi sudah di sekretariat. Biasanya ke belakang akan banyak, orang kan harus membuat makalah dulu," kata Betti di Jakarta, Jumat.

Pendaftaran calon pimpinan KPK mulai dibuka pada 5 Juni hingga 24 Juni 2015.

Menurut Betti, pansel mencari pimpinan berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan oleh undang-undang.

"Yang penting kami mengikuti undang-undang, persyaratan sudah didefinisikan, selain itu kami lihat bahwa integritas harus tinggi, punya kemampuan kepemimpinan dan manajemen, harus independen dan punya kompetensi," ungkap Betti.

Sementara itu pada Jumat, Zulkifli Hasan dijadwalkan menghadiri acara bertema wawasan kebangsaan yang digelar Kemenkopolhukam. Namun karena menerima undangan acara kepresidenan di Istana Bogor dirinya batal hadir.

"Saya mendadak diundang pak Jokowi ke Istana Bogor. Salam dengan teman-teman wartawan, maaf tidak hadir di Lampung," kata Zulkifli.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler