Sabtu , 31 Oct 2015, 17:35 WIB

Dandim Boven Digul Panen Padi Bersama Rakyat

Red: Taufik Rachman
Panca/Republika
Panen padi
Panen padi

REPUBLIKA.CO.ID,JAYAPURA -- Dandim 1711/BVD Letkol Kav Bambang Sutrisno bersama kelompok tani Kuningkun di Kampung Sukanggo, Distrik Mandobo, Kabupaten Boven Digoel, Papua, Sabtu melakukan panen raya padi.

Panen padi itu langsung dipimpin oleh Kepala Kampung Okto Komoyap bersama 30 orang anggota kelompok tani Kuningkun dengan mengundang Dandim 1711/BVD Letkol Kav Bambang Sutrisno, kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh PR di Kota Jayapura, Papua, Sabtu petang.

Ia menjelaskan program swasembada pangan yang dikawal TNI di Provinsi Papua sudah mulai dirasakan oleh masyarakat di Kampung Sukanggo Distrik Mandobo, Kabupaten Boven Digoel.

Panen raya padi yang dilaksanakan pada Sabtu pagi itu merupakan kerja keras kelompok tani yang merupakan binaan langsung dari para bintara pembina desa (Babinsa) dari Koramil 1711-03/Tanah Merah, katanya.

"Melihat hasil panen padi kali ini, segenap kelompok tani dari Kampung Sukanggo sangat bersyukur karena hasilnya sangat memuaskan para petani," katanya.

Menurut Dandim 1704/BVD, kata Teguh, hasil panen raya tersebut akan semakin memotivasi para petani yang ada agar berkomitmen bersama TNI AD khususnya para bintara pembinan desa untuk mewujudkan Papua sebagai lumbung padi nasional.

"Dandim juga menyampaikan bahwa para Babinsa dari Koramil 1711-03/Tanah Merah akan senantiasa siap mendampingi para petani untuk meningkatkan hasil produksi pertanian para petani, sehingga akan meningkatkan taraf hidup para petani seiring dengan meningkatnya produktivitas tanaman padi yang dihasilkan," katanya.

Pada momentum itu, Dandim Boven Digoel, kata Teguh, juga memberikan bantuan berupa terpal dan sabit kepada kelompok tani Kuningkun.

"Sekaligus Dandim juga mengucapkan terima kasih karena sudah mensukseskan swasembada pangan di Kabupaten Boven Digoel," katanya.

Ketua Kelompok Tani Kuningkun, Okto Komoyap, kata Teguh, juga mengucapkan terima kasih yang kepada pemerintah daerah dan juga Kodim 1711/BVD yang sudah mensponsori atau membantu masyarakat dari awal hingga dapat melaksanakan panen.

Video

Setjen DPR RI Komit Berdayakan Perempuan