Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Zulkifli Hasan Harap UIN Banten Siap Hadapi Zaman Tarung Bebas

Selasa 09 May 2017 18:22 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan saat sosialisasi empat pilar.

Ketua MPR Zulkifli Hasan saat sosialisasi empat pilar.

Foto: Amri Amrullah

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN -- Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, menyambut baik proses IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menjadi UIN. Dengan beralihnya status ini, Zulkifli berharap UIN Banten siap menyongsong era pendidikan tarung bebas saat ini.

"Saat ini zamannya tarung bebas. UIN Banten pun harus siap menghadapi persaingan ini," katanya saat Tasyakuran dan Dzikir perubahan bentuk IAIN menjadi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Serang (9/5).

Zulkifli pun bersyukur akhirnya IAIN Banten bisa berubah menjadi UIN, berkat usaha gigih dari rektor saat ini. Zulkifli menjelaskan pendidikan adalah kunci kemajuan suatu bangsa karena itu penting untuk terus memajukan pendidikan.

Selain pendidikan, yang menjadi modal majunya suatu bangsa adalah saling percaya. Semua elemen, termasuk bila di institusi pendidikan saling percaya dan tidak mementingkan diri masing masing.

Selanjutnya modal yang harus dimiliki adalah nilai nilai norma yang menjaga semua. Bila ini berjalan bersama, ia yakin pendidikan di negara ini akan semakin baik, dan bangsa Indonesia semakin maju.

Zulkifli mengulang kembali pesan Bung Hatta agar bangsa ini mau maju. Bung Hatta, kata dia, berpesan Indonesia maju atau tidaknya, sejahtera atau tidaknya, tergantung pada rakyat yang berdaulat dan berkuasa. Semua tergantung rakyat yang berdaulat dan berkuasa.

Kedaulatan dan kekuasaan rakyat itu bisa terjadi kalau rakyat itu sadar kedaulatan dan kekuasaan itu berada di tangannya. Maksudnya rakyat tahu dan semakin cerdas, siapa pemimpin yang akan didaulat dan diberi kekuasaan. "Jadi jangan ditukar dengan sembako, nomor piro wani piro," ujarnya.

Disinilah, menurutnya, peran pendidikan membangun dan mencerdaskan bangsa. Untuk mahasiswa UIN Banten, Zulkifli berpesan siapkan diri untuk menimba ilmu yang lebih baik. Masih banyak anak anak Indonesia yang tidak merasakan pendidikan tinggi.

"Tapi kalau malas malasan, seperti kata Bung Karno, bisa saja menjadi kuli di negeri orang dan kuli di negeri sendiri," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Fauzul Iman berterima kasih kepada Ketua MPR Zulkifli Hasan. Menurutnya berkat dorongan Ketua MPR bersama Menteri PAN bisa mendorong IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten berproses lebih cepat menjadi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Hadir dalam acara Tasyakuran ini Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Fauzul Iman, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, Ketua DPP PAN Yandri Susanto, Wakil Walikota Serang, Rektor Untirta dan jajaran pimpinan serta Dekan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler