Thursday, 23 Syawwal 1445 / 02 May 2024

Thursday, 23 Syawwal 1445 / 02 May 2024

Hidayat Nur Wahid: Masyarakat Sehat Demokrasi Berkualitas

Kamis 25 Feb 2016 15:06 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri

Hidayat Nur Wahid

Hidayat Nur Wahid

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan, MPR tidak mungkin sendiri dalam melakukan sosialisasi dikarekanan jumlah anggota terbatas. Selain itu, anggota MPR juga disibukan oleh aktivitasnya di DPR dan DPD.

Hidayat mengungkapkan, sejak dirinya menjadi Ketua MPR periode 2004-2009, sosialisasi sudah dilakukan. Pada saat itu dirinya berhara agar dalam sosialisasi Empat Pilar, pemerintah mengambil peran yang besar, karena jaringan kekuasaan pemerintah sampai kepada tingkat daerah, bahkan lingkup RT, dan ditunjang oleh anggaran yang besar.

"Jumlah anggota MPR dan anggarannya terbatas," kata Hidayat, dihadapan 200 perawat yang terhimpun dalam Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Jakarta, Kamis (25/2).

Hidayat menjelaskan, mengapa UUD perlu disosialisasikan, sebab telah terjadi perubahan yang mendasar dalam konstitusi. Dulu, kata dia, tidak ada Pemilu Presiden. Namun, setelah ada perubahan konstitusi, Pemilu Presiden digelar secara berkala.

Dalam kesempatan itu, Hidayat menyatakan, pentingnya peran perawat dalam masyarakat. ''Sebagai kelompok yang menyehatkan masyarakat maka bila masyarakat sehat membuat demokrasi menjadi baik,'' ujarnya.

Ia mengakui, kedaulatan rakyat sekarang mudah tergadai dengan money politic dan sembako. Bila masyarakat sehat, Hidayat Nur Wahid yakin masyarakat bisa menggunakan kedaulatannya secara baik sehingga bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler