Arus Balik, Sebanyak 222.326 Kendaraan Masuk Jakarta Lewat Empat Gerbang Tol

Rep: Ali Manshur/ Red: Erdy Nasrul

Selasa 25 Apr 2023 23:23 WIB

Foto aerial antrean kendaraan saat arus balik libur lebaran 2023 di Gerbang Tol Cikampek Utama, Selasa (25/4/2023). Sejumlah kendaraan mulai mengular di gardu pembayaran tol Cikampek Utama sekitar pukul 20.30 WIB menuju arah Jakarta, antrean tersebut didominasi kendaraan pribadi. Sementara menurut Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo terjadi penurunan volume kendaraan saat arus balik sekitar 13 persen dari prediksi harian sebanyak 203.000 kendaraan. Dengan demikian puncak arus balik diprediksi akan mengalami perubahan, dari semula pada tanggal 24-25 April 2023 menjadi 26-29 April 2023 mendatang. Hal tersebut diperkirakan oleh adanya imbauan pemerintah terkait penundaan arus balik. Foto: Republika/Thoudy Badai Foto aerial antrean kendaraan saat arus balik libur lebaran 2023 di Gerbang Tol Cikampek Utama, Selasa (25/4/2023). Sejumlah kendaraan mulai mengular di gardu pembayaran tol Cikampek Utama sekitar pukul 20.30 WIB menuju arah Jakarta, antrean tersebut didominasi kendaraan pribadi. Sementara menurut Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo terjadi penurunan volume kendaraan saat arus balik sekitar 13 persen dari prediksi harian sebanyak 203.000 kendaraan. Dengan demikian puncak arus balik diprediksi akan mengalami perubahan, dari semula pada tanggal 24-25 April 2023 menjadi 26-29 April 2023 mendatang. Hal tersebut diperkirakan oleh adanya imbauan pemerintah terkait penundaan arus balik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Polri mencatat sebanyak 222.326 kendaraan memasuki wilayah Jakarta melalui empat gerbang tol pada arus balik libur lebaran Idul Fitri 1444 hijriah. Angka tersebut merupakan akumulasi sejak hari Senin, 24 April sampai dengan Selasa, 25 April 2023 pukul 06.00 WIB. 

“Keempat gerbang tol tersebut diantarannya, Gerbang Tol Cikampek Utama, Gerbang Tol Kalihurip Utama, Gerbang Tol Cikupa, dan Gerbang Tol Ciawi,” ujar Kabag Penum Divhumas Polri, Kombes Nurul Azizah dalam keterangannya, Selasa (25/4).

Baca Juga

Rinciannya, lanjut Kombes Nurul Azizah sebanyak 73.010 kendaraan masuk Jakarta melalui gerbang Tol Cikampek Utama. Kemudian kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Kalihurip Utama sebanyak 58.160, sementara yang melalui Gerbang Tol Cikupa sebanyak 48.902 kendaraan.

"Kemudian untuk kedataan yang masuk Jakarta melalui Gerbang Tol Ciawi sebanyak 42.254 kendaraan," kata Kombes Nurul Azizah.

Mulai normal

Sistem satu arah (one way) yang dihentikan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor pada Selasa (25/4) malam berdampak pada kembali normalnya dua arah di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat.

Polres Bogor beserta jajarannya menerapkan sistem one way ke arah Jakarta sejak pukul 08.00 pagi WIB hingga 14.30 WIB. Jalur lalu lintas kemudian menjadi normal dua arah sebelum sistem one way diberlakukan lagi pada sore hari hingga kembali dibuka dua arah pada pukul20.30 WIB.

Kapolres Bogor Iman Imanuddin mengatakan bahwa jalur Puncak kini sudah bisa dilalui dua arah. "Kami sampaikan dan informasikan kepada masyarakat, saat ini kami sudah memberlakukan dua arah, normalisasi (lalu lintas) sudah selesai dilakukan setelah tadi pagi kami memberlakukan one way baik ke atas (arah Cianjur) atau ke bawah (Jakarta)," kata Iman di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor.

Ia menjelaskan, penerapan sistem satu arah ke Jakarta dilakukan dua kali bertujuan untuk menguras kendaraan yang masih ada di jalur Puncak.

Dengan begitu, kepadatan yang ada di jalur Puncak menjadi berkurang sehingga arus lalu lintas dapat dibuat kembali normal. Menurut Kapolres kepadatan volume kendaraan hari ini terjadi karena banyak wisatawan yang hendak pulang setelah berlibur, terlebih ada arus mulir Lebaran 2023 yang juga melintas di kawasan Puncak.

"Sistem one way rencananya akan kembali diberlakukan lagi di jalur Puncak Bogor hingga berakhirnya masa liburan sekolah yaitu tanggal 3 Mei 2023," katanya.

Berdasarkan data dari Polres Bogor, ada sekitar 50 ribu kendaraan roda empat dan 40 ribu kendaraan roda dua yang melintas jalur Puncak pada Selasa ini, demikian Iman Imanudin.

Terpopuler