Selasa 25 Apr 2023 23:18 WIB

Bukan Sekadar Berkunjung saat Lebaran, Wisatawan yang Bijak Pasti Melakukan ini

Wisatawan antusias berlibur di masa lebaran

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Erdy Nasrul
Wisatawan antre untuk melintasi  Situ Gunung Suspension Bridge di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Wisatawan antre untuk melintasi Situ Gunung Suspension Bridge di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Petugas gabungan yang berada di Pos Pelayanan Pantai Karanghawu, Kabupaten Sukabumi menggencarkan edukasi kepada pengunjung agar tidak membuang sampah sembarang. Sebab aksi membuang sampah sembarangan mengakibatkan ketidaknyamanan di tempat wisata.

'' Edukasi dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan sinergitas antara Polri, TNI, Pol PP, dan Dinas Perhubungan (Dishub),'' ujar Wakapolres Sukabumi Kompol Septa Firmansyah, Selasa (25/4/2023). Targetnya edukasi dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan agar masyarakat pengunjung bisa sadar tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga

Sehingga lanjut Septa, petugas gabungan yang ada di Pos pelayanan Pantai Karanghawu disela sela kesibukan mengawasi pengunjung yang sedang menikmati liburan mencoba memberikan edukasi mejaga kebersihan tempat wisata. Di mana para pengunjung harus peduli dengan kebersihan sekitar.

'' Salah satunya tadi kami membersihkan sampah yang berada di Pantai Karanghawu karena sangat kotor dan sampah berhamburan di mana-mana," kata Septa. Dengan edukasi langsung dari petugas ia berharap pengunjung menjadi lebih nyaman dan aman ketika menikmati liburannya dan berada di tempat wisata.

Harapannya ungkap Septa, semoga apa yang dilakukan ini bisa di tiru dan diimplementasikan oleh pengunjung. Khususnya di Pantai Karanghawu umumnya di seluruh tempat wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Salah seorang pengunjung lokal Sukabumi, Budi (34) mengatakan, aksi dari petugas gabungan ini dinilai efektif dalam mencegah pengunjung membuang sampah sembarangan. '' Positif, agar warga menjaga kebersihan di lokasi wisata,'' kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement