Para Pengusaha Rental Mobil Ketiban Berkah Mudik Lebaran

Red: Nashih Nashrullah

Kamis 20 Apr 2023 20:39 WIB

Rental Joko Hariyanto, salah satu pengusaha rental mobil. Foto: Dok Istimewa Rental Joko Hariyanto, salah satu pengusaha rental mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Momen mudik Lebaran menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha rental mobil.  

Pelaku bisnis ini kerap kebanjiran order dari para pemudik yang hendak pulang kampung untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah. 

Baca Juga

Salah satu bisnis penyewaan mobil yang turut meraih untung yakni PT Trans Bhinneka Indonesia/ Rentalmurah.com. Sepekan sebelum Idul Fitri, seluruh armada sudah habis dipesan pelanggan. 

Rentalmurah.com sudah memiliki lima cabang yakni Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta. 

"Alhamdulillah seluruh armada kami di 5 cabang semua jalan (dibooking pelanggan)," ungkap Pendiri PT Trans Bhinneka Indonesia/ rentalmurah.com, Joko Hariyanto, hari ini. 

Armada yang dimiliki pun bervariasi di antaranya Toyota Avanza, Toyota Innova, Toyota Fortuner, Hiace, hingg Elf. Armada berupa bus dan minibus juga dimiliki penyewa mobil yang berkantor di Jl Abdul Gani Raya No 40. Kalibaru, Depok.

Dia mengakui, pihaknya memberlakukan kenaikan tarif rental tahun ini. Namun demikian, dipastikan langkah tersebut sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah. 

"Kita semua unit tarifnya naik 20 persen sesuai tuslah yg telah ditentukan pemerintah untuk harga drop," jelas pria yang akrab disapa Johar ini. 

Dia juga menambahkan, "Misalnya untuk harga drop ke surabaya harga normal 4 jt maka lebaran kami naikkan 20 persen karena menghitung konsumsi BBM karena kemacetan dan baliknya kita selalu kosong," imbuh dia. 

Dia pun mengungkapkan untuk mudik Lebaran, pihaknya tidak memenuhi permintaan lepas kunci. Faktor risiko menjadi pertimbangan di balik keputusan tersebut. "Untuk lebaran kami tidak melayani lepas kunci karena faktor risiko," sambungnya. 

Kebijakan tersebut membuat pelanggan tidak perlu membawa atau memenuhi terlalu banyak persyaratan saat hendak menyewa mobil. 

Pelanggan tinggal memesan kendaraan yang diinginkan via Whatsapp, membayar DP, datang ke lokasi penyewaan, dan langsung bisa menggunakan kendaraan yang diinginkan setelah membayar lunas. 

"Syarat cuma bayar uang saja. Tidak ada syarat lain. Karena kita memang kita tidak pernah lepas kunci," kata dia.    

Terpopuler