Idul Fitri 2023 akan Jatuh pada 22 April di Australia

Rep: Amri Amrullah/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 20 Apr 2023 15:00 WIB

Idul Fitri 2023 akan Jatuh pada 22 April di Australia. Foto:  Masjid Agung Melbourne adalah masjid terbesar di Victoria, Australia. Masjid baru dibuka pada 14 Maret 2022. Foto: ABC News/Kristian Silva Idul Fitri 2023 akan Jatuh pada 22 April di Australia. Foto: Masjid Agung Melbourne adalah masjid terbesar di Victoria, Australia. Masjid baru dibuka pada 14 Maret 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERA -- Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada hari Sabtu, 22 April, dan merupakan hari pertama bulan Syawal 1444 Hijriah di Australia. Ini merujuk pernyataan Dewan Imam Nasional Australia, yang menyebut Komunitas Muslim di Australia akan merayakan Idul Fitri 2023 pada hari Sabtu, 22 April 2023.

"Dewan Fatwa Australia dengan bangga mengumumkan kepada komunitas Muslim Australia sebagai berikut: Jumat, 21 April 2023, akan menjadi hari terakhir Bulan Ramadhan 1444 Hijriah," kata pernyataan itu.

Baca Juga

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa Idul Fitri akan jatuh pada hari Sabtu, 22 April, yang juga menandai awal bulan Syawal 1444 Hijriah.

Idul Fitri adalah hari raya keagamaan yang menandai akhir bulan suci Ramadan. Hari ini dirayakan sebagai hari libur nasional di semua negara Arab dan negara-negara mayoritas Muslim.

Hari Idul Fitri bertepatan dengan tanggal yang berbeda pada kalender Masehi setiap tahun karena hari libur Islam mengikuti kalender lunar. Hari Idul Fitri hanya dapat dipastikan setelah penampakan bulan sehari sebelumnya.

Perayaan Idul Fitri dirayakan dalam berbagai bentuk di seluruh dunia, tergantung pada budayanya. Namun, semua Muslim bersatu dalam melaksanakan salat Idul Fitri pada pagi hari Idul Fitri dan menyumbangkan uang sebagai bagian dari praktik yang dikenal sebagai "Zakat Al Fitr."

 

Terpopuler