Kamis 20 Apr 2023 14:00 WIB

Idul Fitri, Banyak Hotel di Makkah Tawarkan Paket

Hotel-Hotel di Makkah Bersiap Sambut Idul Fitri.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Idul Fitri, Banyak Hotel di Makkah Tawarkan Paket. Foto:   Sejumlah bus terparkir di sekitar hotel tempat jamaah haji Indonesia menginap di Madinah, Ahad (14/7). Mulai hari ini jamaah haji Indonesia bergerak ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji.
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Idul Fitri, Banyak Hotel di Makkah Tawarkan Paket. Foto: Sejumlah bus terparkir di sekitar hotel tempat jamaah haji Indonesia menginap di Madinah, Ahad (14/7). Mulai hari ini jamaah haji Indonesia bergerak ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Idul Fitri adalah waktu untuk merayakan awal baru yang menggembirakan dan berbagi momen berharga dengan keluarga dan teman bagi umat Islam, setelah menghabiskan sebulan berpuasa di bulan Ramadhan. Sehingga, banyak hotel bersiap untuk menawarkan paket akomodasi, termasuk di Makkah.

Tak sedikit hotel-hotel di Makkah menawarkan paket akomodasi di seluruh Makkah untuk memberikan cara sempurna merangkul tradisi yang diberkati ini dan merayakan Idul Fitri yang tak terlupakan bersama orang-orang terkasih.

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Kamis (20/4/2023), Anggota Komite Nasional Haji dan Umrah Arab Saudi Saad Al-Qurashi mengatakan, hotel-hotel di Arab Saudi tahun ini berjanji akan membuat bulan suci lebih menyenangkan bagi jamaah untuk menambah kenangan mereka.

Ia mengatakan para jamaah haji di Makkah pada Idul Fitri akan memiliki kesempatan untuk memadukan pengalaman spiritual dengan kegembiraan. “Para jamaah berduyun-duyun ke Makkah mengenakan pakaian tradisional mereka yang unik dengan warna berbeda dan desain yang indah, membentuk jalinan budaya Islam yang terintegrasi seolah-olah miniatur dunia telah berkumpul di Mekkah. Orang-orang memberikan contoh solidaritas dan cinta terbaik, saling mengunjungi satu sama lain di hotel. Ini adalah karunia Ilahi setelah sebulan penuh berdoa dan berpuasa," kata dia.

Dia menambahkan, beberapa hotel ini telah berupaya mendekorasi lobi mereka untuk menambah nuansa festival dan memungkinkan para jamaah merayakan Idul Fitri yang tak terlupakan bersama orang-orang terkasih. Hotel-hotel tersebut terutama terletak di area pusat, sekitar Masjidil Haram, dan sebagian Misfalah, Ajyad, serta terowongan Mahbas Al-Jin dan Aziziyah.

Al-Qurashi menambahkan bahwa Aziziyah adalah tujuan pilihan bagi jemaah GCC dan Turki, yang ingin berbelanja di mal-mal Makkah karena di sana terdapat berbagai merek internasional. Toko-toko di Makkah menyaksikan kebangkitan minat dan perdagangan setelah penurunan penjualan selama pandemi Covid-19.

Beberapa toko telah menyaksikan jumlah pengunjung yang luar biasa tahun ini, dengan banyak yang membuka pintunya hingga larut malam untuk memenuhi permintaan para peziarah di Makkah. Salah satu pengelola sebuah hotel di kawasan pusat, Fadel Manqal,p mengatakan bahwa setiap orang bekerja siang dan malam untuk melayani jamaah dan menyediakan semua yang mereka butuhkan untuk masa tinggal yang menyenangkan.

"Staf berusaha untuk berbicara dengan pengunjung dalam bahasa asli mereka jika memungkinkan, untuk menjadikan pengalaman itu lebih menyenangkan bagi para tamu. Setiap bangsa memiliki visinya sendiri dalam hal pakaian dan beberapa dari mereka berusaha untuk membelinya dari Makkah, sebuah kenangan yang tetap bersama mereka seumur hidup," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa para jamaah berusaha mengenakan pakaian itu dan mengunjungi situs budaya di Arab Saudi untuk membuat kenangan terukir dalam buku kehidupan abadi mereka. Pihaknya menambahkan bahwa Makkah memiliki sekitar 1.400 hotel yang membantu meningkatkan pengalaman perhotelan bagi pengunjung yang datang dari semua benua dengan budaya, pendidikan, dan gaya hidup yang berbeda.

Karyawan hotel menyadari keragaman tamu mereka dan berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan pengunjung. Ia mengatakan, kualitas layanan harus mencerminkan kecanggihan dan keterbukaan yang kini dialami Arab Saudi. Hotel harus berpartisipasi aktif dalam mengatur dan menyiapkan pengalaman yang menginspirasi untuk memastikan para tamu menikmati Idul Fitri yang tak terlupakan, terutama jika mereka menghabiskan waktu jauh dari keluarga dan kerabat.

“Kita semua bertujuan untuk meninggalkan jejak yang khas dan memperkaya pengalaman budaya untuk memungkinkan jamaah dari semua negara merasakan kegembiraan Idul Fitri di sini," ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement