Kapolri: Mudik Lebaran 2023 Sudah Berlangsung

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 15 Apr 2023 16:44 WIB

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyalurkan sebanyak 30.000 paket bantuan sosial berupa sembako ke masyarakat yang membutuhkan. Pendistribusian paket sembako tersebut bekerja sama dengan Persatuan Isl am (Persis). Kapolri: Mudik Lebaran 2023 Sudah Berlangsung Foto: Dok Mabes Polri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyalurkan sebanyak 30.000 paket bantuan sosial berupa sembako ke masyarakat yang membutuhkan. Pendistribusian paket sembako tersebut bekerja sama dengan Persatuan Isl am (Persis). Kapolri: Mudik Lebaran 2023 Sudah Berlangsung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan aktivitas pemudik pada mudik lebaran 1444 Hijriyah atau 2023 sudah berlangsung sejak Jumat (14/4/2023). Petugas kepolisian akan mengawal kegiatan mudik agar berjalan lancar.

"Saat ini sebentar lagi kita masuk dalam rangkaian kegiatan mudik, karena sudah dimulai dari kemarin. Tentunya Polri akan melaksanakan pagelaran operasi ketupat dalam rangka mengawal mudik agar bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan masyarakat," ujarnya di sela-sela acara penyerahan 30 ribu paket sembako ke PP Persis di Jalan Perintis Kemerdekaan, Sabtu (15/4/2023).

Baca Juga

Ia memperkirakan akan terjadi peningkatan volume kendaraan pemudik pada mudik Lebaran 2023. Oleh karena itu, sejumlah persiapan dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan.

"Kita perlu mengadakan rekayasa mulai dari ganjil genap, one way, contra flow, sampai dengan rekayasa lainnya yang tentunya ini kita lakukan agar proses perjalanan mudik betul-betul bisa terkelola dengan baik," katanya.

Kapolri berharap mudik lancar dan masyarakat dapat sampai ke tujuan dengan selamat. Ia turut mengimbau pemudik berhati-hati di jalan dan tidak memaksakan diri.

"Ikuti informasi terkait dengan masalah mudik dan ikuti aturan yang sudah dibuat sehingga semuanya bisa melaksanakan mudik dengan tertib dan menghindari risiko kecelakaan yang mungkin terjadi di jalan," katanya.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan tengah mempersiapkan operasi ketupat yang akan berlangsung selama 14 hari mulai dari 19 April hingga 2 Mei mendatang. Total ribuan personel yang diterjunkan dengan pos yang dibuat sebanyak 328 titik.

"Sebanyak 328 pos pengamanan terdiri dari pos pengamanan sebanyak 222 dan pos pelayanan 80 dan pos terpadu 26 pos," katanya.

Ia mengatakan pengaturan arus lalu lintas dilakukan di jalur utara, jalur tol dan jalur tengah serta lintas selatan. Serta disiapkan metode dan pola seperti one way, contra flow untuk mengatasi kemacetan.

"Pengalihan arus sendiri menyesuaikan dengan kondisi yang ada saat itu. Pantauan di jalur tol terlihat ada peningkatan volume kendaraan belum terlalu ramai. Puncak mudik dua hari sebelum lebaran dan dua hari setelah lebaran," katanya.

Terpopuler