Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Ruas Sadang-Taman Mekar Siap Fungsional Lebaran

Red: Friska Yolandha

Selasa 11 Apr 2023 13:39 WIB

Foto udara pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) 2 Selatan di Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan ruas Sadang hingga Taman Mekar secara fungsional untuk arus balik Lebaran 2023 Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah Foto udara pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) 2 Selatan di Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan ruas Sadang hingga Taman Mekar secara fungsional untuk arus balik Lebaran 2023

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan ruas Sadang hingga Taman Mekar secara fungsional untuk arus balik Lebaran 2023 berdasarkan diskresi kepolisian. Jalan tol ini siap digunakan untuk kondisi siang atau malam. 

"Hal ini karena sudah ada pengaman baik di Seksi Sadang-Kutanegara maupun Kutanegara-Taman Mekar," ujar Direktur Utama Jasa Marga JapekII Selatan Charles Lendra di Jalan Tol Japek II Selatan, Jawa Barat, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan Tol Japek II Selatan ini dibuka secara fungsional hanya untuk kendaraan Golongan I atau nonbus. Tol Japek II Selatan akan dibuka secara situasional berdasarkan diskresi pihak kepolisian.

"Pengguna jalan ketika melintasi Tol Japek II Selatan ini dapat memilih apakah akan menggunakan opsi pertama yakni Seksi Sadang-Kutanegara atau opsi kedua yakni Seksi Kutanegara-Taman Mekar," katanya.

Pengguna tol yang ingin kembali ke Karawang Barat, Karawang Timur, atau Jalan Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ) bisa menggunakan Gerbang Tol Kutanegara atau opsi pertama.

Untuk kembali ke jalan Tol Japek eksisting, pemudik harus melintasi Jalan Industri untuk bisa mengakses Gerbang Tol Karawang Timur. Sedangkan, untuk pemudik yang ingin mengakses Gerbang Tol Karawang Barat perlu melanjutkan lagi perjalanan sejauh 27 km dari akses gerbang Tol Kutanegara.

"Bagi pengguna tol yang ingin langsung menuju Jakarta dapat menggunakan akses Taman Mekar atau opsi kedua," jelasnya.

Setelah keluar dari Taman Mekar, pemudik masuk ke Gerbang Tol Karawang Barat dengan melintasi Jalan Pangkalan atau Jalan San Diego Hills.

Di atas Jembatan Citarum yang merupakan bagian dari Segmen Kutanegara-Taman Mekar nantinya juga akan tersedia gerbang tol sementara.

"Pemudik yang melintasi Tol Japek II Selatan yang dibuka secara fungsional tersebut tidak dikenakan transaksi apapun, hanya dikenakan transaksi saat menggunakan Tol Cipularang hingga keluar di Sadang saat memasuki Tol Japek II Selatan," kata Charles.

Kendati demikian, lanjutnya, jika terjadi kepadatan atau hambatan di jalan keluar yakni Jalan Industri atau Jalan Pangkalan, maka Jasa Marga akan menutup Tol Japek II Selatan.

Arus lalu lintas dari arah Tol Cipularang kemudian akan dikembalikan ke Tol Japek eksisting.