Masjid Alfurqon Bandar Lampung Fasilitasi Jamaah Itikaf 10 Malam Terakhir Ramadhan

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti

Senin 10 Apr 2023 18:49 WIB

Itikaf (ilustrasi). Masjid Alfurqon di Bandar Lampung akan memfasilitasi umat Islam yang akan menunaikan itikaf pada 10 malam terakhir Ramadhan. Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto Itikaf (ilustrasi). Masjid Alfurqon di Bandar Lampung akan memfasilitasi umat Islam yang akan menunaikan itikaf pada 10 malam terakhir Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Masjid Alfurqon di Bandar Lampung akan memfasilitasi umat Islam yang akan menunaikan itikaf pada 10 malam terakhir Ramadhan. Ketua Umum Masjid Agung Alfurqon Bandar Lampung, Bukhari Muslim, mengatakan, itikaf sudah menjadi program Masjid Al Furqon sejak jauh hari.

"Itu pasti akan dilaksanakan," kata Bukhari Muslim, Senin (10/4/2023).

Baca Juga

Dia berharap jamaah yang akan melaksanakan itikaf di Masjid Alfurqon dapat menjaga etika saat melaksanakan ibadah tersebut seperti menjaga kebersihan masjid dan dapat tenang dalam beritikaf. "Jangan sampai Itikaf ini menjadi pindah tempat tidur saja, dan jamaah juga melalaikan kebersihan," kata dia.

Sebab, kata dia, dalam melakukan itikaf dengan menetap di masjid untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, sehingga harus didasari oleh niat yang tulus, dan juga ikhlas. "Jadi dalam beritikaf ini kita juga harus melakukan hal-hal ibadah yang disukai oleh Allah sepertishalat, baca Alquran, zikir, istighfar, dan lainnya," kata dia.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa Masjid AlFurqon akan menyiapkan makanan sahur sebanyak 50 porsi pada tahap awal pelaksanaan itikaf di masjid tersebut. "Untuk sahur disiapkan hidangan untuk 50 orang sedang untuk buka puasa disiapkan untuk sekitar 150 orang. Kegiatan itikaf maupun berbuka puasa ini untuk siapa saja boleh," kata dia.

 

Terpopuler