Dokter: Teguk Segelas Air Putih Dulu Baru Takjil, Bawa Botol Minum Saat Sholat Tarawih

Red: Reiny Dwinanda

Rabu 05 Apr 2023 16:33 WIB

Minum air putih (Ilustrasi). Untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa, minum delapan gelas air putih setiap hari. Foto: Republika/Yogi Ardhi Minum air putih (Ilustrasi). Untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa, minum delapan gelas air putih setiap hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter gizi Nurul Ratna Mutu Manikam menyarankan untuk meminum air delapan gelas sehari untuk mencegah dehidrasi selama puasa Ramadhan. Selain itu, mengonsumsi sayuran juga sangat direkomendasikan.

"Puasa rawan buat tubuh dehidrasi. Akibatnya tenggorokan kering apalagi saat ini memasuki musim kemarau. Minum air delapan gelas per hari bantu atasi dehidrasi," katanya dalam acara dialog tentang cara menjaga asupan gizi bagi pasien kanker yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Baca Juga

Nurul mengatakan, dehidrasi terjadi kepada banyak orang selama berpuasa yang dapat dideteksi melalui urine yang dihasilkan pada saat buang air kecil lebih sedikit dan berwarna lebih gelap serta kulit lebih kering. Menurut dia, kebutuhan tubuh terhadap asupan tidak berkurang meskipun berpuasa.

Salah satunya adalah air, maka harus bisa menyiasati untuk tetap minum delapan gelas per hari agar tubuh tidak kekurangan cairan. Cara menyiasatinya dengan minum satu gelas air saat bangun tidur, satu gelas air saat selesai makan sahur, kemudian satu gelas air lagi pada awal berbuka puasa sebelum menyantap makanan lain.

"Air putih dahulu satu gelas, baru minum manis atau makan takjil untuk berbuka, jangan langsung minum dan makan yang manis-manis," kata dr Nurul.