Senin 03 Apr 2023 17:46 WIB

LAZ Zakat Sukses Luncurkan Platform 'Sahabat Berbagi' Berbasis Digital

LAZ Zakat Sukses menilai, berbagi tidak sebatas cara untuk memenuhi kebutuhan dasar

Peluncuran platform sahabat berbagi LAZ Zakat Sukses
Foto: LAZ Zakat Sukses
Peluncuran platform sahabat berbagi LAZ Zakat Sukses

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia tahun 2022 menurut World Giving Index 2022. Beberapa aspek keberhasilan Indonesia menjadi negara paling dermawan karena masyarakat Indonesia memiliki budaya yang unik dalam berbagi, seperti budaya gotong royong, empati kemanusiaan yang tinggi, perintah agama seperti zakat dan maraknya lembaga filantropis, yang memfasilitasi masyarakat untuk berdonasi.

LAZ Zakat Sukses melihat berbagi tidak hanya sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan dasar, namun juga sebagai perintah agama dan memperkuat hubungan sosial. Dengan berbagi, manusia dapat saling membantu, mengurangi kesenjangan sosial, mempromosikan keadilan dan inklusivitas dan membangun masyarakat yang lebih berdaya secara ekonomi dan sosial.

Baca Juga

Guna memaksimalkan kekuatan berbagi di dalam negeri, LAZ Zakat Sukses meluncurkan platform crowdfunding bernama “sahabatberbagi.org”. Peluncuran ini diresmikan secara daring bersamaan dengan webinar Ramadhan Produktif bertema “Membangun Peradaban di Bulan Ramadhan”, Sabtu (01/04/2023) yang diselenggarakan LAZ Zakat Sukses.

Peluncuran platform ini bertujuan guna memaksimalkan penyerapan potensi zakat, infaq, sedekah dan donasi sosial lainnya dalam rangka pembangunan peradaban kemanusiaan menjadi lebih produktif dengan saling peduli. Melalui “sahabatberbagi.org”, setiap orang tidak hanya bisa berbagi terhadap berbagai kampanye dan program kebaikan. Setiap orang juga dapat bergabung menjadi fundraiser dan mempromosikan berbagai inisiatif kebaikan kepada banyak orang lainnya. 

Melalui platform ini, LAZ Zakat Sukses mencari 10.000 orang yang ingin bergabung menjadi fundraiser. Selain itu, LAZ Zakat Sukses juga sangat terbuka dalam membuka peluang kolaborasi kebaikan dengan lembaga lainnya seperti yayasan, sekolah, universitas, atau komunitas untuk bersama–sama membangun peradaban kemanusiaan melalui kekuatan berbagi. 

Hadirnya platform “sahabatberbagi.org” ini berperan sebagai jembatan bagi masyarakat yang ingin berbagi dengan cara berdonasi kepada masyarakat dan komunitas yang membutuhkan dukungan. Melalui platform ini, masyarakat dapat mewujudkan pendidikan bagi anak kurang mampu, membantu mensejahterakan anak-anak yatim dan masyarakat membutuhkan lainnya. Tujuan ini selaras dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan sosial, dan mengatasi tantangan sosial dan lingkungan.

Dalam kesempatan peluncuran platform Sahabat Berbagi, Kepala Muhammadiyah Children Center Rawamangun Ustadz Mahfan Khalilurrahman, MA., dan Manager Partnership and Fundraising LAZ Zakat Sukses Bany Ahmad Djaelani, S.E.I, menyambut baik adanya platform kebaikan yang bermanfaat untuk masyarakat terlebih di bulan Ramadhan. 

Dalam penyampaiannya, Ustadz Mahfan Khalilurrahman menjelaskan betapa hebatnya amalan kebaikan yang dilakukan di bulan Ramadhan. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al An'am ayat 160. Yang artinya: “Barang siapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barang siapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikit pun tidak dirugikan.” 

Sementara Bany Ahmad Djaelani mengatakan, penting rasanya memanfaatkan digitalisasi di era modern ini. Peluncuran sahabatberbagi.org ini salah satu wujud peran LAZ Zakat Sukses dalam mempermudah masyarakat dalam berdonasi.

Sejak Covid-19 dua tahun lalu, masyarakat cenderung memilih berdonasi dengan media digital. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penunjang hadirnya sahabatberbagi.org untuk membangun peradaban negeri ke depan. 

Dengan adanya “sahabatberbagi.org”  tersebut, Manager Paftnership dan Fundraising LAZ Zakat Sukses berharap, platform ini mampu menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang timbul di tengah masyarakat, salah satunya ekonomi. Dalam tampilan platform ini, LAZ Zakat Sukses menyediakan kemudahan bagi masyarakat yang berkunjung.

Setiap pengunjung dapat melihat berbagai program yang dicampaign dan metode donasi yang disajikan pun beragam sesuai dengan pilihan setiap orang. “Semoga dengan adanya platform ini mampu meningkatkan kita dalam hal berbagi kepada sesama,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement