Selasa 14 Mar 2023 21:16 WIB

Pakar Bagikan Kiat Membuat Konten Viral tanpa Kehilangan Nilai Etika

Di sisi kreatif, pembuat konten bisa berkarya menggunakan internet dan tools-nya.

Ilustrasi membuat konten di media sosial.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi membuat konten di media sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Individu yang cakap bermedia digital dinilai mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan lunak dalam lanskap digital, mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan dan media sosial, serta dompet digital dan lokapasar. Dengan kecendrungan penggunaan media sosial untuk membuat konten, kebanyakan dari kreator hanya mengejar viral tanpa melihat ulang bagaimana etika dan budaya dalam bermedia digital.

"Viral berarti kemampuan berkembang secara instan berkali-kali lipat dalam waktu yang sangat singkat dan bisa jangka pendek atau panjang," ungkap IT Support dan Relawan TIK Kota Cirebon, Wahyu Septiawan, saat jadi nara sumber kegiatan literasi digital #makincakapdigital 2023 untuk segmen Pendidikan di DKI Jakarta, Banten dan Sekitarnya, Senin (13/3/2023).

Baca Juga

Namun membuat konten viral, menurut Wahyu bisa tetap dengan muatan yang positif, aman dan kreatif tanpa menghilangkan moral. Positif sendiri berarti bijak dalam membuat konten di media sosial, tidak menyebarkan hoaks, dan beretika. Kemudian sisi aman, paham terhadap keamanan data dan konten pribadi serta perangkat digital.

"Di sisi kreatif, pembuat konten bisa berkarya menggunakan internet dan tools-nya serta paham menggunakan kontennya dengan benar," kata dia. 

Pembuat konten bisa memilih banyak jenis konten, mulai dari narasi, tulisan, gambar, foto, hingga video. Berbagai tools untuk membuat konten menjadi menarik telah disediakan oleh platform media sosial dan aplikasi seperti Canva. Tak ada lagi alasan keterbatasan alat, sebab kini ada begitu banyak aplikasi yang menyediakan pengeditan konten baik gratis atau berbayar. 

Selain itu, ide membuat konten kini bisa sangat beragam mulai dari konten edukasi, promosi, inspirasi, hiburan, dan informasi. Menentukan jenis konten yang akan dibuat menjadi langkah awal seorang konten kreator. Setelah memilih konten, kreator dapat melakukan pengembangan dengan melakukan riset terlebih dulu, menambahkan ilustrasi, sisi jurnalistik, dan strategi distribusinya. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut diharapkan konten yang dibuat bisa viral tapi dalam konteks positif.

Sebagai informasi, Webinar Makin Cakap Digital merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. 

Webinar 'Makin Cakap Digital' merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement