Pemkot Cirebon Gelar Pasar Murah di Lima Kecamatan Jelang Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Selasa 14 Mar 2023 21:11 WIB

Ilustrasi pasar murah. Pemkot Cirebon Gelar Pasar Murah di Lima Kecamatan Jelang Ramadhan Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Ilustrasi pasar murah. Pemkot Cirebon Gelar Pasar Murah di Lima Kecamatan Jelang Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat menggelar pasar murah pangan di lima kecamatan dalam rangka membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadhan 1444 H.

"Ada lima titik pangan murah yang kami sediakan, dan menjual sejumlah kebutuhan pokok dengan harga terjangkau," kata Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati, Selasa (14/3/2023).

Baca Juga

Ia menyebutkan sebentar lagi masuk bulan Ramadhan, dan biasanya harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan, sehingga dengan adanya gerakan pangan murah dapat membendung kenaikan tersebut.

Ia menjelaskan, gerakan pangan murah ini bukan hanya kali ini saja dilakukan, namun pada tahun 2023 ini sudah beberapa kali diadakan hal serupa, dalam rangka menekan laju inflasi di daerah itu.

"Ketika harga naik, maka kami akan terus melakukan intervensi dengan menggelar pangan murah, dan diharapkan dapat menekan laju inflasi," tuturnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon Yati Rohayati mengatakan gerakan pangan murah ini dilakukan secara serentak di lima kecamatan yang ada di daerah itu, seperti Kecamatan Harjamukti, Lemahwungkuk, Kejaksan, Kesambi, dan Pekalipan.

Untuk kebutuhan pokok yang dijual pada gerakan pangan murah di antaranya yaitu beras, telur, minyak goreng, gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabai dan lainnya.

"Harganya lebih murah bila dibandingkan dengan harga di pasar, seperti beras di sini di jual Rp 47 ribu per 5 kilogram, minyak goreng Rp 13.500 per liter, bawang putih Rp 31 ribu per kilogram dan lainnya," kata Yati.

Yati menambahkan akan terus berupaya menyuplai kebutuhan masyarakat terutama menjelang bulan Ramadhan, dan Lebaran 2023, agar kebutuhan pokok bisa didapatkan dengan harga terjangkau.