Arab Saudi Kurangi Jam Operasional Bank-Bank Selama Ramadhan

Red: Nashih Nashrullah

Jumat 10 Mar 2023 16:30 WIB

Bendera Arab Saudi. Arab Saudi berikan kesempatan karyawan maksimalkan ibadah Ramadhan Foto: Reuters/VOA Bendera Arab Saudi. Arab Saudi berikan kesempatan karyawan maksimalkan ibadah Ramadhan

 

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH – Bank Sentral Arab Saudi (SAMA) mengumumkan pengurangan jam kerja selama Ramadhan dan tanggal libur Idul Fitri dan Idul Adha. 

Baca Juga

 

Melansir laman alarabiya.net, Selasa (7/3/2023), bulan Ramadhan adalah salah satu waktu terpenting dalam setahun bagi umat Islam di seluruh dunia. Ini adalah waktu untuk refleksi, doa, dan puasa di siang hari. 

 

Awal Ramadhan berubah setiap tahun berdasarkan kalender Islam, yang terdiri dari 12 bulan lunar dengan total 354 atau 355 hari. 

 

Hal ini menyebabkan bulan puasa bergerak naik menjadi 10 hari lebih awal setiap tahunnya dalam penanggalan Masehi. 

 

Tahun ini diperkirakan bertepatan pada 22 atau 23 Maret hingga 21 April. Namun, tanggalnya bisa berbeda-beda berdasarkan penampakan hilal baru yang menandakan datangnya Syawal, atau setelah hari ke-30 Ramadhan. 

 

Di Arab Saudi, bulan suci ditandai dengan berbagai tradisi dan kebiasaan yang diikuti umat Islam, serta non-Muslim yang tinggal atau mengunjungi negara tersebut. Ini termasuk mematuhi aturan untuk menghormati adat dan puasa Muslim selama bulan suci. 

 

Dalam pengumuman akhir pekan lalu, SAMA menyatakan cabang dan kantor bank beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 16.00 selama Ramadhan. Sementara itu, pusat pengiriman uang akan beroperasi mulai pukul 09.30 hingga 17.30. 

 

Kantor bank dan cabang musiman mereka di terminal haji bandara dan pelabuhan laut, serta di Makkah dan Madinah, dan perbatasan akan tetap dibuka untuk melayani jamaah haji dan umroh dan pengunjung selama liburan. 

 

Di tempat-tempat yang diwajibkan membuka kantor pusat untuk bekerja selama periode liburan tertentu, SAMA mencatat sejumlah cabang dan pusat transfer bank juga akan tetap buka. 

Baca juga: Muhammadiyah Resmi Beli Gereja di Spanyol yang Juga Bekas Masjid Era Abbasiyah 

 

Tahun ini, jam kerja yang dipersingkat akan memungkinkan karyawan bank menjalankan kewajiban agama mereka selama bulan suci Ramadhan sambil terus memberikan layanan keuangan penting kepada nasabah.

Sedangkan untuk usaha lain, diharapkan jam kerjanya dikurangi menjadi lima jam kerja mulai pukul 10.00 hingga 15.00, sesuai pengumuman Kementerian Sumber Daya Manusia tahun lalu. 

 

Liburan Idul Fitri akan dimulai pada 17 April dan berlangsung hingga 25 April. Adapun Idul Adha, Hari Raya Kurban akan dimulai pada akhir hari kerja pada Senin 22 Juni dan berlangsung hingga Juli.

 

Sumber: alarabiya