Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Teh Tinggi Katekin Terbukti Bisa Pangkas Lemak Visceral dalam Beberapa Pekan

Rabu 07 Dec 2022 21:42 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Teh hijau (ilustrasi). Teh hijau terkenal akan kandungan katekinnya. Katekin dapat membantu memangkas lemak visceral.

Teh hijau (ilustrasi). Teh hijau terkenal akan kandungan katekinnya. Katekin dapat membantu memangkas lemak visceral.

Foto: Flickr
Studi ungkap manfaat teh hijau yang kaya katekin untuk pangkas lemak visceral.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diet diketahui menjadi salah satu faktor yang memengaruhi seberapa banyak lemak visceral yang Anda miliki. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods menganjurkan konsumsi teh hijau yang kaya akan katekin untuk memangkas lemak tersebut.

Katekin adalah senyawa yang secara alami ditemukan dalam daun teh yang memiliki sifat antioksidan. Teh hijau dan putih diketahui mengandung katekin dalam jumlah tertinggi.

Baca Juga

Sebagai bagian dari penelitian, 104 orang dewasa China berusia antara 20 hingga 65 tahun secara acak ditugaskan untuk mengonsumsi minuman yang mengandung 609,3 miligram (mg) katekin dan 68,7 mg kafein, atau minuman kontrol setiap hari selama 12 pekan. Area lemak perut, berat badan dan komposisi diukur di awal, pada minggu ke delapan, dan minggu ke-12.

"Rata-rata area lemak visceral, berat badan, dan lemak tubuh berkurang secara signifikan dengan perawatan teh hijau yang diperkaya katekin, tetapi efek ini tidak terlihat pada kelompok kontrol dengan analisis set per protokol," jelas peneliti, seperti dilansir laman Express, Senin (5/12/2022).

Penurunan pada pekan ke-12 di area lemak visceral pada kelompok katekin lebih besar dibandingkan pada kelompok kontrol. Dengan demikian, konsumsi minuman teh hijau yang diperkaya katekin selama 12 pekan menyebabkan hilangnya lemak visceral pada orang dewasa China dengan proporsi lemak visceral perut yang tinggi.

Studi ini didorong oleh penelitian sebelumnya yang menunjukkan manfaat teh hijau terhadap penurunan berat badan. Dalam beberapa tahun terakhir, memang sudah ada banyak penelitian tentang efek menguntungkan teh hijau dalam mengobati obesitas dan meningkatkan metabolisme glukosa dan lipid.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA