Saturday, 6 Rajab 1444 / 28 January 2023

Dukung Penggunaan Produk Dalam Negeri, Muba Segera Memiliki Toko Daring

Rabu 07 Dec 2022 08:45 WIB

Red: Gita Amanda

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) serius mendukung program peningkatan penggunaan produk dalam negeri serta mendorong pengadaan barang dan jasa berbasis elektronik.

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) serius mendukung program peningkatan penggunaan produk dalam negeri serta mendorong pengadaan barang dan jasa berbasis elektronik.

Foto: Pemkab Musi Banyuasin
Ke depan B'lanje bisa jadi alternatif pengadaan barang dan jasa secara elektronik

REPUBLIKA.CO.ID, SEKAYU -- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) serius mendukung program peningkatan penggunaan produk dalam negeri serta mendorong pengadaan barang dan jasa berbasis elektronik. Kini sebuah merek dagang sudah disaipkan, namanya B'lanje.

Label toko daring B'lanje ini dirancang untuk mendorong percepatan pengadadaan barang dan jasa secara elektronik dengan link b'lanje.dagperin.mubakab.go.id. B'lanje digawangi Dinas Perdagangan dan Perindustrian ini resmi terdaftar pada register PSE Kementerian Kominfo dengan nomor register 634. Setelah terdaftar resmi pada sistem elektronik, maka sistem ini segera diproses ke LPSE Pusat untuk menjadi Toko Daring resmi.

Baca Juga

Kepala Dinas Dagperin Muba, Azizah, mengatakan bahwa e-commerce ini dibangun pada 2020 lalu dan sudah mulai diujicobakan diawali dengan mendaftarkan produk-produk UMKM dan IKM binaan Disdagperin mulai dari produk kerajinan seperti kain gambo muba, produk kerajinan rotan, produk herbal dan berbagai produk kuliner.

Seiring dengan amanat Pemerintah Pusat untuk mendorong setiap daerah meningkatkan penggunaan barang dan  produk dalam negeri dan melakukan pengadaan barang dan jasa secara elektronik/ daring, maka Disdagperin mengusulkan e-commerce B'lanje untuk dijadikan Toko Daring milik Pemkab Muba melalui Dinas Kominfo Muba.

Azizah mengatakan, berkat dukungan penuh dari Dinas Kominfo Muba maka usulan tersebut hanya memerlukan waktu tidak sampai 2 bulan B'lanje sudah dapat nomor register pendaftaran resmi dari Kementerian Kominfo.

photo
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) serius mendukung program peningkatan penggunaan produk dalam negeri serta mendorong pengadaan barang dan jasa berbasis elektronik. - (Pemkab Musi Banyuasin)

Ke depan B'lanje dapat menjadi alternatif pengadaan barang dan jasa secara elektronik di Muba, sekaligus sebagai salah satu langkah strategis Pemkab Muba untuk membantu para pelaku usaha untuk dapat melakukan transaksi di Toko Daring lokal. Sehingga diharapkan inovasi ini dapat mendorong peningkatan capaian penggunaan produk dalam negeri dan produk lokal dan mampu memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan aktivitas perekonomian masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Musi Banyuasin,Herryandi Sinulingga menyebut langkah ini kolaborasi bersama OPD menuju transformasi digital dan membantu UMKM melalui aplikasi dimaksud. Pihaknya telah menyampaikan Tanda Daftar Sistem.

"Ini telah ditandatangani secara elektronik yang diterbitkan oleh Balai Sertifikasi Elektronik (BSE), BSSN. Tanda Daftar Sistem Elektronik yang telah diregistrasi pada Sistem PSE Kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor Tanda Daftar:634. Semoga Aplikasi ini nanti dapat meningkatkan penghasilan UMKM Kabupaten Musi Banyuasin," tegas Sinulingga dalam siaran persnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA