Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Rahasia Mengapa Ucapan Basmalah Diawali dengan Huruf Hijaiyah Ba

Selasa 06 Dec 2022 21:13 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Ustaz Derry Sulaiman melukis cepat kaligrafi lafadz Basmalah (ilustrasi).  Basmalah atau bismillah mempunyai manfaat yang besar bagi mereka yang membacanya

Ustaz Derry Sulaiman melukis cepat kaligrafi lafadz Basmalah (ilustrasi). Basmalah atau bismillah mempunyai manfaat yang besar bagi mereka yang membacanya

Foto: Dok YAK
Basmalah atau bismillah mempunyai manfaat yang besar bagi mereka yang membacanya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Seseorang yang mengawali kegiatannya dengan membaca basmalah maka kegiatan yang dilakukan itu menjadi ibadah (amal saleh) yang memiliki nilai (hasanah) di sisi Allah SWT berupa pahala. 

Pimpinan Quantum Akhyar Institut, Ustaz Adi Hidayat (UAH), menjelaskan merujuk surat al-Anam ayat 160, UAH mengatakan bahwa setiap perbuatan yang memiliki kualifikasi hasanah, punya nilai sepuluh pahala di sisi Allah SWT.

Baca Juga

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا ۖ وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَىٰ إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

"Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan)." 

 

Maka, seseorang yang membaca basmalah dalam setiap awal kegiatannya akan mendapat keberkahan atau bertambah nilai kebaikannya di dunia dan mendapatkan pahala di akhirat. 

UAH mengatakan, seseorang yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik, hendaknya memulai dengan membiasakan diri membaca basmalah setiap akan berkegiatan.

"Saya minum, (membaca) bismillahirrahmanirrahim. Jadi amal saleh. Secara akhirat kalau ikhlas (baca basmalah) punya nilai pahala. Dunia jadi berkah bertambah kebaikan, walaupun hanya seteguk tapi dia (air minum) akan memberikan asupan tenaga dan menghadirkan kemampuan bagi kita untuk berbuat banyak kebaikan. Makanya ada orang makannya sedikit tapi perbuatannya banyak kebaikannya. Ada orang minumnya sedikit, pakaiannya sederhana, tapi kebaikannya banyak. Itu yang disebut dengan berkah," kata UAH dalam kajian di Rumah Quran Musyawarah yang juga ditayangkan secara daring melalui kanal Youtube Adi Hidayat Official, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, UAH mengatakan, lafaz basmalah memiliki 19 huruf. Pada masing-masing huruf memiliki banyak makna. Misalnya, huruf ba dalam lafaz basmalah memiliki 14 makna sebagaimana dalam kitab Mughni al-Labib karya Syekh Ibnu Hisyam al-Anshari.

Baca juga: Pernah Benci Islam hingga Pukul Seorang Muslim, Mualaf Eduardo Akhirnya Bersyahadat 

UAH menerangkan, di antara makna ba adalah sababiyah (sebab), yakni menjadikan setiap kegiatan karena ridha Allah SWT, yang kemudian memunculkan mushahabah (penyertaan) maksudnya Allah akan melindungi atau membimbing, selanjutnya menjadikan lebih dekat dengan Allah SWT.

Karena itu seseorang yang dapat memahami dan menghayati secara mendalam huruf ba pada lafaz basmalah akan memberikan pengaruh yang dahsyat pada kehidupan. 

Sebab, kata UAH, tidak mungkin lafaz basmalah menjerumuskan seseorang kepada kemaksiatan.

UAH menjelaskan intisari Alquran adalah surat al-Fatihah. Sedang intisari al-Fatihah terdapat pada lafaz basmalah. 

Dan intisari basmalah ada pada huruf ba. Dan inti huruf ba terdapat pada titik. Dari titik itulah segala sesuatu digariskan.

Sementara itu, UAH mengatakan, huruf sin dan min asalnya adalah ismun. Hanya pada lafaz basmalah huruf alif pada kata ismun hilang. 

Menurut UAH, ini memberikan gambaran bahwa orang yang memulai segala kegiatan dengan basmalah, semua proses yang sulit akan dihilangkan Allah SWT. Selain itu, sin dan min juga berasal dari kata wasamun berarti tanda dan sumuwun berarti tinggi. 

"Orang yang senantiasa melakukan perbuatan dengan awalan bismillahirrahmanirrahim meniatkan karena Allah maka hamba itu akan langsung ditandai Allah dan ditinggikan derajatnya oleh Allah," kata UAH. 

Sementara lafaz Allah menunjuk pada sifat ketuhanan (uluhiyah) dan pusat penyembahan (ubudiyah). Maka seseorang yang membaca basmalah meniatkan segala perbuatan menjadi ibadah.

Lafaz Ar Rahman menunjukkan makna puncak perhatian kepada siapapun tanpa batas. Sedang Ar Rahim perhatian spesifik Allah SWT hanya untuk orang beriman. Maka dari itu seseorang yang memahami basmalah akan menjalin hu bungan dengan baik dengan setiap orang.        

 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA