Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Baznas dan Paragon Technologi Dorong Kesejahteraan Mustahik Kalsel Melalui Program Zmart

Selasa 06 Dec 2022 19:26 WIB

Red: Gita Amanda

 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan PT Paragon Technology and Innovation (PT Paragon Technology) dalam menggulirkan program Zmart di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan PT Paragon Technology and Innovation (PT Paragon Technology) dalam menggulirkan program Zmart di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Foto: Baznas
Sebanyak 50 mustahik jadi penerima manfaat dengan nilai mencapai Rp 465 juta

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan PT Paragon Technology and Innovation (PT Paragon Technology) dalam menggulirkan program Zmart di Kalimantan Selatan (Kalsel). Baznas RI dan Baznas Kalimantan Selatan turut bersinergi untuk membantu para mustahik.

Sebanyak 50 mustahik yang tersebar di Kota Banjarmasin menjadi penerima manfaat dengan nilai bantuan mencapai Rp 465 juta. Selain itu, Baznas Kalimantan Selatan juga bersinergi dengan Baznas Kabupaten, untuk 40 penerima manfaat Zmart yang tersebar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Tanah Laut dengan total bantuan mencapai Rp 368 juta.

Baca Juga

"Alhamdulillah, upaya Baznas dalam mendorong kesejahteraan masyarakat mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dan berbagai pihak lain, salah satunya Paragon. Kami tentu menyambut baik dengan tangan terbuka segala dukungan untuk menguatkan program Baznas," kata Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA, Selasa (6/12/2022), dalam siaran pers.

photo
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan PT Paragon Technology and Innovation (PT Paragon Technology) dalam menggulirkan program Zmart di Kalimantan Selatan (Kalsel). - (Baznas)

Saidah melanjutkan, Paragon berperan dalam menggulirkan 16 Zmart kepada 15 mustahik yang sudah memiliki warung dan 1 mustahik untuk pemula atau belum memiliki warung. Hal ini menurut Saidah, menjadi angin segar kepedulian Paragon untuk mendukung peran Baznas dalam memberikan kesejahteraan kepada mustahik.

"Paragon pada tahun 2022 ini telah menitipkan zakat perusahaannya sebesar Rp 1,5 miliar. Dari total tersebut zakat perusahaan yang disalurkan ke Baznas sebesar Rp 500 juta dikemas melalui program beasiswa untuk 94 mahasiswa di 30 kampus di seluruh Indonesia, program Zmart di Kalimantan Selatan sebanyak 16 mustahik, dan program ZChicken di Madiun Jawa Timur sebanyak 10 mustahik. Sedangkan sisanya akan disalurkan dalam bentuk program strategis dan prioritas Baznas lainnya," ucap Saidah.

Selain mendorong kesejahteraan mustahik dari sisi perekonomian, Baznas juga menggencarkan Program Beasiswa Cendekia Baznas yang bertujuan untuk memberikan kesempatan para mustahik untuk dapat mengenyam Pendidikan Perguruan Tinggi di Perguruan Tinggi ternama di Kalimantan Selatan hingga Timur Tengah yaitu Universitas Al-Azhar Mesir.

"Penyaluran Beasiswa Cendekia Baznas di Kalimantan Selatan untuk 50 penerima manfaat dari perguruan tinggi yang telah bermitra dengan Baznas Kalimantan Selatan adalah UIN, ULM, UNISKA, STIMI Banjarmasin, Poliban, Politeknik Hasnur, STAI Darul Ulum Kandangan, dan IAI Darussalam Martapura, dengan total penyaluran sebesar Rp 125 juta," kata Saidah.

Sedangkan penyaluran Beasiswa Al-Azhar sebesar Rp 150 juta untuk 14 penerima manfaat yang diberikan kepada putra putri Kalimantan Selatan. "Dengan kuatnya program produktif yang digulirkan Baznas, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin dan mendorong kemandirian ekonomi mereka. Semoga Allah SWT selalu memberikan kekuatan dan kemudahan bagi kita semua dalam melaksanakan niat mulia bagi pelaku UMKM dan memberikan berkah untuk kita semua," kata Saidah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA