Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Baznas Kabupaten Bengkulu Selatan Salurkan Bantuan Rutilahu ke Warga Miskin

Senin 05 Dec 2022 21:17 WIB

Red: Hiru Muhammad

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bengkulu Selatan bersama Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan menyalurkan bantuan renovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) kepada masyarakat miskin.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bengkulu Selatan bersama Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan menyalurkan bantuan renovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) kepada masyarakat miskin.

Foto: istimewa
Sebanyak 26 mustahik menjadi penerima manfaat pada penyaluran bantuan

REPUBLIKA.CO.ID,BENGKULU SELATAN--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bengkulu Selatan bersama Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan menyalurkan bantuan renovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) kepada masyarakat miskin. 

Sebanyak 26 mustahik menjadi penerima manfaat pada penyaluran bantuan yang dikemas dalam Program Bujian Dusun tersebut. Bantuan renovasi rutilahu meliputi peningkatan kualitas hunian, berupa perbaikan pada beberapa bagian rumah mustahik yang tidak layak huni, demi memberi kenyamanan dan rasa aman mustahik untuk memiliki tempat tinggal yang layak.

Baca Juga

Simbolisasi bantuan dilakukan dengan acara peletakan batu pertama di Desa Nanjungan, Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu, pada Senin (5/12/2022), dengan dihadiri Ketua Baznas Bengkulu Selatan, H. Hartawan MH; Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi; beserta jajaran terkait.

"Alhamdulillah, berkat sinergi positif yang terjalin dengan Pemkab Bengkulu Selatan, semakin banyak mustahik yang terbantu. Baznas Kabupaten Bengkulu Selatan siap berkolaborasi dengan berbagai pihak, demi mencapai tujuan bersama, yakni menyejahterakan umat dan mengentaskan kemiskinan," kata Ketua Baznas Bengkulu Selatan, H. Hartawan MH. 

 
fnMw8rlitF0

Hartawan menambahkan, Baznas Kabupaten Bengkulu Selatan terus memantau dan berupaya mencukupi kebutuhan mustahik di daerah setempat. Terlebih saat pihaknya menemukan ada warga miskin yang hanya tidur beratapkan seng yang tidak layak. Baznas Kabupaten Selatan lantas bergerak cepat dan membantu mustahik tersebut agar bisa tinggal dengan nyaman di tempat yang layak.

"Ada satu rutilahu yang darurat papan. Ada masyarakat yang tidur di bawah kepingan  seng. Kami Baznas Kabupaten Bengkulu Selatan langsung  bergerak ke lokasi tersebut dan langsung  kami tangani," ucap Hartawan. 

Menurut Hartawan, beragam program yang digaungkan Baznas dapat berjalan dengan optimal, lantaran didukung para muzaki yang telah menunaikan zakat, infak, dan sedekahnya melalui Baznas Kabupaten Bengkulu Selatan. Pihaknya juga terus berupaya menerapkan pengelolaan zakat yang transparan dan akuntabel, sesuai prinsip 3A, Aman Syari, Aman Regulasi, dan Aman NKRI. 

"Terima kasih banyak kami ucapkan kepada para muzaki yang telah membantu peran Baznas Kabupaten Bengkulu untuk terus menyejahterakan umat. Semoga keberkahan senantiasa menyertai kita semua," katanya.

Selain penyerahan bantuan Rutilahu, pada acara tersebut juga dilakukan pemberian bantuan tiga unit kursi roda dan dua tongkat untuk berjalan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Sementara itu Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi turut mengapresiasi penyaluran bantuan Rutilahu yang diadakan Baznas Kabupaten Bengkulu Selatan. Menurutnya, hal ini sejalan dengan program pemerintah daerah yang terus berupaya mengentaskan kemiskinan warganya, agar dapat bangkit secara ekonomi dan mencapai kesejahteraan. 

"Program ini sangat bagus sekali dan memberikan manfaat yang luar biasa untuk masyarakat miskin. Saya sangat berharap akan semakin banyak mustahik yang terbantu dan menguatkan sisi perekonomian masyarakat miskin," kata Gusnan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA