Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Gempa Garut Terasa Hingga Pangandaran, Tasikmalaya, Banjar, dan Ciamis

Sabtu 03 Dec 2022 19:28 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Gempa Garut dirasakan hingga Pangandaran, Tasikmalaya, Banjar, dan Ciamis. (ilustrasi)

Gempa Garut dirasakan hingga Pangandaran, Tasikmalaya, Banjar, dan Ciamis. (ilustrasi)

Foto: Reuters
Gempa berkekuatan 6,4 SR di Kabupaten Garut ini tidak berpotensi tsunami.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyatakan gempa berkekuatan 6,1 SR yang terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Sabtu (3/12/2022) sore, dirasakan oleh warga di beberapa kota dan kabupaten lain.

"Gempa Garut dirasakan hingga Pangandaran, Tasikmalaya, Banjar, dan Ciamis," kata Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jawa Barat, Koordinator Pusdalops PB BPBD Jawa Barat, Hadi Rahmat, dalam keterangan resminya, Sabtu (3/12/2022)

Baca Juga

BPBD Provinsi Jawa Barat saat ini sedang berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Garut serta dengan BPBD di wilayah yang merasakan gempa. Selain itu, BPBD Provinsi Jawa Barat hingga saat ini juga masih melakukan pendataan seperti kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, gempa berkekuatan 6,1 SR yang mengguncang wilayah Kabupaten Garut tidak berpotensi tsunami. Dalam keterangan di Jakarta, BMKG melaporkan gempa tersebut memiliki pusat gempa di darat di kedalaman 118 kilometer.

Jarak episenter gempa berada 52 kilometer barat daya Kabupaten Garut. Titik gempa juga berada 54 kilometer barat daya Kabupaten Bandung, 66 kilometer Kota Bandung, 67 kilometer Kabupaten Tasikmalaya, serta 167 kilometer tenggara Jakarta.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA