Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Gempa di Pangandaran tak Berpotensi Tsunami

Sabtu 03 Dec 2022 05:48 WIB

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Dwi Murdaningsih

Gempa. Ilustrasi

Gempa. Ilustrasi

Foto: Reuters
BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5 terjadi di Kabupaten Pangandaran, Sabtu (3/12/2022) pukul 03.37.21 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa bumi itu tak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto, mengatakan, berdasarkan hasil analisis BMKG, pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8.11 LS dan 107.92 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pusat gempa berada di kedalaman 26 kilometer.
 
 
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng," kata dia melalui keterangan tertulis, Sabtu (3/12/2022).
 
Ia menjelaskan, guncangan gempa dirasakan di wilayah Pangandaran dengan Skala Intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Selain itu, guncangan juga dirasakan di wilayah Tasikmalaya dan Garut dengan Skala Intensitas II - III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).
 
Sementara di Ciamis dan Banjar, guncangan gempa dirasakan dengan Skala Intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.
 
"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata dia.
 
Hartanto mengimbau masyarakat agar tetap tenang. Masyarakat juga diminta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA